Comscore Tracker

Badai Tropis Mirinae Ancam Perhelatan Penutupan Olimpiade Tokyo  

Panitia Olimpiade mengaku tetap memperhatikan jalur badai

Badan cuaca Jepang memperkirakan saat upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 yang akan diselenggarakan Minggu (8/8/2021), akan terjadi badai tropis Mirinae. Badai tropis diperkirakan akan melanda Tokyo pada hari terakhir Olimpiade. 

Badan cuaca Jepang memperingatkan angin kencang, gelombang tinggi dan risiko tanah longsor dan banjir di sepanjang garis pantai timur dari Sabtu sore hingga Minggu, ketika badai tropis Mirinae diperkirakan akan melewati Tokyo.

 

 

Baca Juga: Pulang dari Olimpiade Tokyo, Pebulutangkis Taiwan Dikawal Jet Tempur

1. Beberapa pertandingan masih berlangsung di hari Minggu

Badai Tropis Mirinae Ancam Perhelatan Penutupan Olimpiade Tokyo  Suasana stadion jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Selain ancaman upacara penutupan Olimpiade diadakan pada Minggu malam, beberapa pertandingan final masih dilangsungkan. Antara lain olahraga polo air dan senam ritmik berlangsung di sejumlah arena dalam ruangan di Tokyo pada Minggu siang.

Balap sepeda dijadwalkan masih berlangsung di Shizuoka, barat daya Tokyo. Sedangkan Minggu pagi, masih dipertandingkan maraton putra di kota Sapporo. 

2. Panitia Olimpiade mengaku tetap memperhatikan jalur badai

Badai Tropis Mirinae Ancam Perhelatan Penutupan Olimpiade Tokyo  instagram.com/tokyo_olimpics__2020

Pekan lalu, badai juga melanda Jepang, memaksa penyelenggara Olimpiade untuk menjadwal ulang beberapa acara dayung dan panahan. Jadwal pertandingan final selancar ombak dimajukan untuk memanfaatkan ombak yang kuat sebelum badai.

"Kami dengan tegas dan tenang memperhatikan jalur badai. Ini perlu diinformasikan secara objektif, sehingga kita bisa menghindari reaksi yang berlebihan," kata juru bicara panitia penyelenggara Tokyo 2020, Masa Takaya, dikutip dari Antara, (Jumat 6/8/2021). 

3. Mirinae dilaporkan di dekat Kepulauan Okinawa

Badai Tropis Mirinae Ancam Perhelatan Penutupan Olimpiade Tokyo  Peta yang menunjukkan penggunaan nama "Laut Jepang" terhadap sebuah laut di utara Jepang. twitter.com/aka_kuchinashi

Mirinae dilaporkan berada sekitar 100 kilometer utara pulau Minamidaito, dekat kepulauan selatan Okinawa. Badai tersebut bergerak ke timur, dengan kekuatan hingga 108 kilometer per jam. Badai tropis lainnya berada di selat Taiwan, bergerak menuju Jepang. Musim topan Jepang berlangsung dari sekitar Mei hingga Oktober, dan puncaknya pada Agustus dan September.

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya