Awal Agustus Dinkes Gunungkidul Mulai Skrining Acak COVID di Sekolah  

Belum ada laporan terjadinya kasus Covid di kalangan pelajar

Gunungkidul, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, akan melakukan skrining acak kasus COVID-19 bagi pelajar saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka 100 persen.

1. Skrining akan dilakukan awal bulan depan

Awal Agustus Dinkes Gunungkidul Mulai Skrining Acak COVID di Sekolah  Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty. (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan skema pelaksanaan skriining atau penelusuran secara acak kasus COVID-19 dilakukan pada awal Agustus 2022.

"Rencananya  ada sejumlah sekolah yang dijadikan sasaran skrining acak. Namun, saat ini belum ditentukan sekolah mana saja yang menjadi sampel, termasuk metode pemeriksaannya. Kami masih melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan," ujar Dewi, Minggu (24/7/2022).

2. Prokes menjadi prioritas utama

Awal Agustus Dinkes Gunungkidul Mulai Skrining Acak COVID di Sekolah  Ilustrasi Pelajar (SD) (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Gunungkidul Nunuk Setyowati mengatakan penerapan protokol kesehatan (prokes) saat ini jadi prioritas utama, terutama selama pembelajaran berlangsung di sekolah.

"Skrining acak pada pelajar harus menyesuaikan situasi dan kondisi. Saat ini, kami masih berkoordinasi dengan Dinkes Gunungkidul untuk prosesnya, termasuk jika ada yang terpapar," kata Nunuk dikutip Antara. 

Baca Juga: Hanya Miliki 13 Siswa, SD Bopkri Padangan Gunungkidul Akhirnya Ditutup

3. Belum ada laporan terjadinya kasus Covid di kalangan pelajar

Awal Agustus Dinkes Gunungkidul Mulai Skrining Acak COVID di Sekolah  ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ia mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan ada siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19 selama PTM 100 persen sejak tahun ajaran baru dimulai. Seluruh sekolah melalui Satgas COVID-19 sudah menyusun standar operasional pelaksanaan bila ada siswa yang terkena COVID-19.

"Kami tetap memantau pelaksanaan PTM penuh. Seluruh kepala sekolah pun diminta memberi laporan secara rutin perkembangan COVID-19," katanya.

Baca Juga: 10 Potret Pantai Ngedan, Wisata di Gunungkidul yang Memesona

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya