Comscore Tracker

Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, Jeven Ditemukan Meninggal

Jeven adalah salah satu dari 7 mahasiswa yang tenggelam

BantuI, IDN Times - ‎Pada hari kedua pencarian korban tenggelam akibat terseret ombak di Pantai Parangtritis, Jeven Samuel Rendawa (20) yang sebelumnya masih hilang akhirnya ditemukan pada Senin (10/2) pagi. Sayangnya, dia ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Baca Juga: 7 Mahasiswa Terseret Arus Laut Parangtritis, 1 Orang Tewas 

1. Jasad korban ditemukan oleh nelayan

Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, Jeven Ditemukan MeninggalTim sar gabungan evakuasi jenazah Jeven dari laut ke Posko Sar Panta Parangtritis. IDN Times/Humas Kantor Basarnas Yogyakarta

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III, Parangtritis-Depok, Muhammad Arief Nugroho mengatakan jenazah Jeven pertama kali ditemukan sekira pukul 06.30 oleh nelayan yang sedang mencari ikan di 1 kilometer arah selatan dari lokasi korban tenggelam di pantai.

Nelayan tersebut langsung memberitahukan keberadaan jenazah kepada petugas SAR. Selanjutnya jenazah dievakuasi dari laut ke daratan.

Saat ditemukan, tubuh korban dalam keadaan masih utuh namun pakaian sudah terlepas. Jenazah kemudian dibawa ke Posko SAR Pantai Parangtritis untuk dilakukan identifikasi.

"Dengan ditemukan jenazah Jeven yang merupakan korban kedua laka laut di Pantai Parangtritis maka operasi pencarian dan pertolongan dinyatakan ditutup," ujarnya, Senin (10/1).

2. Wisatawan diminta mematuhi larangan yang disampaikan oleh tim SAR

Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, Jeven Ditemukan MeninggalPemasangan tanda daerah rawan palung. IDN Times/Daruwaskita

Inu, panggilan akrab Arief Nugroho, berharap para wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis tetap mematuhi imbauan dan larangan yang disampaikan oleh petugas SAR agar tak terjadi hal-hal yang yang tak diinginkan, seperti halnya laka laut.

"Kondisi pantai Parangtritis dan sekitarnya terdapat palung sehingga sangat berbahaya untuk mandi di laut. Arus balik dari palung bisa menyeret wisatawan ke dasar palung dan akhirnya hilang," ucapnya.

3. Ada 7 mahasiswa yang terseret arus

Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, Jeven Ditemukan MeninggalIlustrasi mandi di laut. IDN Times/Daruwaskita

Diberitakan sebelumnya, 8 mahasiswa yang datang dari luar Jawa datang ke Pantai Parangtritis pada Sabtu malam (8/2) sekitar 23.00 WIB. Tujuh di antaranya berenang di laut yang tak jauh dari palung dan terseret arus ke tengah laut.

Lima orang berhasil diselamatkan oleh petugas, sementara seorang ditemukan tewas yakni Eagan Chang Wen Tan (20) sedangkan Jeven dinyatakan hilang dan baru ditemukan pada Senin pagi.

Baca Juga: Bentuk Tim Pencari, SAR Sisir Darat dan Laut Cari Korban Tenggelam

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya