Masa Tenang, Peserta Pemilu di Bantul Belum Turunkan Semua APK

Bawaslu mulai bersihkan APK di jalan utama Bantul

Bantul, IDN Times - Pada hari kedua masa tenang Pemilu 2024, masih terdapat sejumlah alat peraga kampanye (APK) dari peserta pemilu, termasuk bakal calon legislatif, bakal calon DPD, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yang belum turun atau dibersihkan secara mandiri oleh peserta pemilu.

1. Simpang Empat Gose hingga Jalan Samas masih marak APK

Masa Tenang, Peserta Pemilu di Bantul Belum Turunkan Semua APKAlat peraga kampanye yang masih terpasang di Jalan Ganjuran.(IDN Times/Daruwaskita)

Dari pantauan di lapangan, seperti di Jalan Bantul-Samas, di Simpang Tiga Jowilayan masih terdapat sejumlah APK rontek dari calon legislatif yang menempel di pohon-pohon. Sementara dari pertigaan Jowilayan hingga Simpang Gose sejumlah APK rontek hingga baliho caleg, calon DPD, hingga paslon capres-cawapres masih kokoh berdiri atau menempel di pohon-pohon yang ada di kiri kanan jalan utama Kabupaten Bantul ini.

2. Dua tim gabungan diturunkan untuk membersihkan APK

Masa Tenang, Peserta Pemilu di Bantul Belum Turunkan Semua APKKetua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho, mengatakan pada Senin (12/2/2024) atau hari kedua masa tenang pemilu, pihaknya bersama dengan jajaran terkait Pemkab Bantul dan Polres Bantul melaksanakan pembersihan APK yang masih terpasang.

"Hari ini kita menerjunkan dua tim gabungan untuk melakukan pembersihan alat peraga kampanye peserta pemilu," katanya, Senin (12/2/2024).

Tim A, kata Didik akan melakukan pembersihan alat peraga kampanye dengan rute Jalan Bantul hingga Simpang Empat Dongkelan kemudian menyusuri kawasan Kalurahan Tamantirto hingga Jalan Wates. Sementara, Tim B melakukan pembersihan alat peraga kampanye mulai dari Jalan Parangtritis menuju Simpang Empat Druwo dilanjutkan menyusuri Jalan Ring Road Selatan hingga Simpang Empat Ketandan dilanjutkan ke Jalan Jogja-Wonosari.

"Harapan kita pada hari pertama pembersihan APK yang dipasang di jalan utama di wilayah Bantul sudah bersih dari alat peraga kampanye," tuturnya.

Baca Juga: JaDI DIY Ajak Wujudkan Pemilu di DIY Berjalan Damai dan Istimewa

3. Peserta pemilu diminta turunkan APK secara mandiri

Masa Tenang, Peserta Pemilu di Bantul Belum Turunkan Semua APKTim Gabungan membersihkan APK di jalan utama di Kabupaten Bantul.(Dok.Bawaslu Bantul)

Lebih lanjut Didik berharap peserta pemilu yang memasang alat peraga kampanye dan sampai masa tenang belum melakukan pencopotan atau pembersihan alat peraga kampanye untuk segera melakukan pembersihan alat peraga kampanye.

"Kita sudah melakukan sosialisasi terkait pemasangan alat peraga kampanye kepada semua peserta pemilu dan sudah paham saat masa tenang harus membersihkan alat peraga kampanye secara mandiri dan dalam aturan juga sudah sangat jelas," katanya. 

Baca Juga: Masuki Masa Tenang Pemilu, APK di Kota Yogyakarta Masih Terpasang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya