Arus Balik, Tiket Bus AKAP Tujuan Jabodetabek Ludes Terjual

Pemudik masih bisa dilayani oleh bus ekstra Lebaran

Bantul, IDN Times - ‎Tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) reguler untuk arus balik Lebaran 2022 tujuan wilayah Jabodetabek yang berangkat dari Bantul telah ludes terjual. Tidak ada lagi kursi yang tersisa hingga Senin (9/5/2022) pekan depan.

Baca Juga: Organda DIY Siapkan 300 Bus Pariwisata untuk Angkutan Mudik

1. Sejak Rabu (4/5/2022), arus balik dengan bus AKAP mulai meningkat‎

Arus Balik, Tiket Bus AKAP Tujuan Jabodetabek Ludes TerjualPemudik yang menunggu kedatangan bus untuk mengantarnya ke wilayah Jabodetabek. (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu agen tiket bus AKAP tujuan Jabodetabek di Simpang Empat Ring Road Selatan Dongkelan, Yoyok, mengatakan arus balik sudah mulai terasa sejak hari Rabu (4/52022), Bahkan, tiket sudah ludes dipesan hingga hari Senin pekan depan.

"Sudah habis. Untuk tiket bus AKAP reguler tujuan Jabodetabek sudah ludes dipesan," katanya, Jumat (6/5/2022).

2. Harga tiket bus bisa naik hingga di atas 100 persen‎

Arus Balik, Tiket Bus AKAP Tujuan Jabodetabek Ludes TerjualSalah satu agen tiket bus di Simpang Empat Dongkel, Bantul.(IDN Timrs/Daruwaskita)

Yoyok melanjutkan, harga tiket bus AKAP reguler tujuan Jabodetabek saat libur Lebaran juga meningkat di atas 100 persen. Dari yang berkisar Rp150 ribu hingga Rp200 ribu, kini melonjak ke Rp350 ribu sampai Rp500 ribu.

"Bus double decker tujuan Jabodetabek bahkan harga tiketnya saat ini tembus Rp500 ribu dan sudah laku terjual," ucapnya.‎

Menurutnya, saat ini para pemudik yang kembali Jabodetabek hanya dilayani oleh bus ekstra tambahan yang menggunakan armada bus pariwisata. 

"Harga tiket bus tak beda jauh dengan bus AKAP reguler karena biasanya perusahaan otobus yang kekurangan armada menyewa bus pariwisata untuk mengangkut penumpang karena kekurangan armada," ucapnya.

3. Lebaran tahun ini berkah bagi agen bus

Arus Balik, Tiket Bus AKAP Tujuan Jabodetabek Ludes TerjualAgen tiket PO. Murni Jaya di Terminal Palbapang layani calon penumpang yang sedang membeli tiket bus. (IDN Times/Daruwaskita)

Hal senada diungkapkan agen tiket bus Murni Jaya di Terminal Palbapang Bantul, Astri. Ia mengaku tiket bus tujuan Jabodetabek saat arus balik ini sudah habis terjual.

"Sudah tidak ada tiket lagi, semua habis dipesan jauh-jauh hari sebelum arus balik berlangsung," ujarnya.

Lebih lanjut Astri mengatakan Lebaran tahun ini patut disyukuri karena pemerintah tak melarang mudik yang artinya para agen tiket bus bisa mendapatkan rezeki tambahan saat Lebaran.

"Kami puasa dua tahun, saat Lebaran tak punya uang tambahan bahkan minus. Namun sekarang saya bersyukur banget karena penumpang bus ramai bahkan tiket arus balik sudah ludes dijual jauh-jauh hari," ungkapnya.‎

Baca Juga: Lebaran, Rumah Makan Seafood Pantai Depok Raup Untung Jutaan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya