242 Ribu Orang Berwisata ke Bantul Selama Libur Lebaran

Kunjungan ke wisata alam Dlingo baru pulih 50 persen

Bantul, IDN Times - Setidaknya ada 242 ribu wisatawan yang mengunjungi objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul selama libur Lebaran, 2-8 Mei 2022. Angka tersebut menyumbang tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2,3 miliar.

"Dengan kunjungan wisatawan sebanyak 242.129 orang maka target kunjungan wisatawan selama libur Lebaran sebesar 150 ribu sudah melampau target," ujar Kasi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Libur Lebaran, PAD Sektor Pariwisata Bantul Lampaui Rp1,6 Miliar

1. Libur sekolah di Jabodetabek diperpanjang, kunjungan wisata ke Bantul masih akan ramai‎

242 Ribu Orang Berwisata ke Bantul Selama Libur LebaranIlustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, kunjungan wisata pascalibur Lebaran diperkirakan tetap akan ramai . Hal ini mengingat libur sekolah di Jabodetabek diperpanjang hingga Rabu (11/5/2022) yang akan datang.

"Masih tetap ramai karena ada perpanjangan libur sekolah di Jabodetabek yang ditujukan untuk mengurangi kemacetan saat arus balik Lebaran," ucapnya.

2. Mei 2022 Dinas Pariwisata Bantul targetkan kunjungan 350 ribu wisatawan

242 Ribu Orang Berwisata ke Bantul Selama Libur LebaranKantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Dinas Periwisata Bantul sendiri, kata Ipung, menargetkan kunjungan wisatawan selama bulan Mei 2022 mencapai 350 ribu orang. Ini setara dengan target PAD sektor pariwisata mencapai Rp3,5 miliar.

"Kami optimis kunjungan wisatawan selama bulan Mei 2022 bisa mencapai 350 ribu," ucapnya.

3. Kunjungan wisatawan ke objek wisata Dlingo capai 56 ribu orang selama libur Lebaran‎

242 Ribu Orang Berwisata ke Bantul Selama Libur Lebaraninstagram

Sementara itu, Ketua Koperasi Notowono yang mengelola sejumlah objek wisata alam di Kapanewon Dlingo, Purwo Harsono, mengatakan jumlah kunjungan wisatawa selama libur Lebaran, terhitung sejak 29 April hingga 7 Mei 2022, mencapai 56.094 orang. 

"Objek wisata Pengger dan Pinussari yang paling favorit di kunjungi wisatawan," katanya.

Kunjungan wisatawan yang mencapai 56 ribu orang selama libur Lebaran, diakuinya masih jauh dibandingkan dengan kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2019.

"Masih jauh, ndak ada 50 persennya dari kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2019," ujarnya.

Baca Juga: Warga Banyakan Bantul Desak TPST Piyungan Ditutup Permanen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya