TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Haedar Minta Kasus Ponpes Gontor Disikapi secara Proporsional

Jangan sampai nila setitik rusak susu sebelanga

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, meyakini insiden penganiayaan santri hingga tewas di Pondok Pesantren Gontor tak serta merta meruntuhkan citra lembaga pendidikan Islam tersebut. Ia berpendapat, seyogyanya seluruh pihak mampu menyikapi kasus ini dengan lebih proporsional dan tidak mengeneralisasi secara berlebihan.

"Gontor telah berjasa bagi negeri ini dan para lulusannya berkontribusi di banyak ranah kebangsaan dan global. Jangan sampai nilai setitik rusak susu sebelanga," kata Haedar dalam keterangan resminya, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Kronologi Penganiayaan Santri di Ponpes Gontor Ponorogo

1. Adil dan bijak

Ponpes Gontor. Instagram.com/pondok.modern.gontor

Oleh karena itu, Haedar berharap publik agar bersikap lebih adil dan bijak dalam melihat kasus yang terjadi Gontor ini. Dia menyarankan agar masyarakat menyerahkannya ke ranah hukum untuk diproses secara transparan dan objektif.

"Hukum adalah instrumen paling baik dan memiliki tingkat kepastian yang dapat menjadi rujukan semua pihak menyelesaikan kasus seperti itu," imbuh Haedar.

2. Lapang hati bermuhasabah

Pintu gerbang Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Haedar pribadi percaya dan berharap pihak Gontor bersikap terbuka dalam menghadapi kasus yang sudah menyita keprihatinan publik tersebut. Termasuk, dengan sepenuhnya melimpahkan penanganan perkaranya ke proses hukum.

"Sekaligus pihak Gontor berlapang hati bermuhasabah dan memberi jalan terbuka pada proses hukum, seraya konsolidasi agar hal tersebut tidak terulang kembali dalam bentuk apapun," ucap Haedar.

PP Muhammadiyah, lanjut Haedar, sungguh menaruh simpati dan duka kepada keluarga korban. "Semoga diberi kekuatan dan kesabaran, serta dilimpahi rahmat oleh Allah," tutupnya.

Baca Juga: 5 Fakta Pondok Modern Gontor, Ponpes Terbesar di Indonesia

Berita Terkini Lainnya