TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dosen UII Hilang Kontak dalam Perjalanan dari Norwegia ke Turki

Ahmad tidak pernah sampai di Jakarta

Ahmad Munasir Rafie Pratama hilang kontak saat perjalanan pulang dari Norwegia. (Dok. Polda DI Yogyakarta)

Sleman, IDN Times - Universitas Islam Indonesia (UII) melaporkan salah satu dosennya yang bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama hilang kontak saat perjalanan pulang dari Norwegia. Sudah hampir sepekan dosen informatika itu menghilang tanpa kabar dan tak bisa dikontak.

"Universitas Islam Indonesia (UII) sedang berduka karena salah satu dosennya, Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), belum diketahui keberadaannya setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN)," tulis Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga: Mahasiswi Akhiri Hidup di Embung Tambakboyo, Ini Respons Kampus

1. Pulang dengan tiga penerbangan berbeda

Ilustrasi pesawat terbang. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Fathul menjelaskan, awalnya tim beranggotakan empat orang termasuk dirinya dan Ahmad berkunjung ke USN guna mempererat kerja sama kedua universitas. Kunjungan dilakukan dukungan pendanaan dari Uni Eropa, melalui skema Erasmus+.

Sepekan berkegiatan di USN atau sejak 5 Februari 2023, tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo pada 12 Februari 2023. Fathul terakhir bertemu dengan Ahmad 11 Februari 2023 malam, sementara anggota tim lain sehari setelahnya.

"Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. AMRP sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki," tulis Fathul.

2. Pesan terakhir: menunggu boarding

ilustrasi smartphone (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Kata Fathul, sesuai rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanan pulang Tim UII adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Fathul menyebut Ahmad tidak membagikan detail informasi penerbangannya kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya.

Perjalanan ke Riyadh sendiri dilakukan, mengingat sebagian tiket dibiayai oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Ahmad, sebelum ke Oslo, sempat memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah.

"AMRP (Ahmad) mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: ‘menunggu boarding’," beber Fathul.

"Sejak saat itu, AMRP tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satu pun yang direspons oleh AMRP," lanjutnya.

Baca Juga: Tersangka Kekerasan Jalanan Titik Nol Yogyakarta Laporkan Balik Korban

Berita Terkini Lainnya