TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asyik, Armada Shuttle Wisata 'Si Thole' Makin Banyak

Dapat hibah dari Pemkot Yogyakarta

Dok. Humas Pemkot Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menghibahkan lima armada baru shuttle wisata kawasan Jeron Beteng Kraton Yogyakarta, 'Si Thole'. Hibah diserahkan kepada Koperasi Forum Komunikasi Komunitas Alun-Alun Utara (FKKAU) sebagai pengelola transportasi antar jemput khusus wisatawan ini.

“Alhamdulillah, kami bersyukur karena ada tambahan armada baru dengan desain yang juga baru," kata Ketua FKKAU, Andreago Fuad, dikutip dari Antara, Minggu (30/6).

Baca Juga: Tari Edan-edanan Asal Yogyakarta Tampil di Jakarnaval 2019

1. Pulihkan layanan antar jemput wisatawan

Dok. Humas Pemkot Yogyakarta

Fuad mengatakan, bantuan sangat membantu memulihkan layanan kepada wisatawan yang sempat terkendala akibat berkurangnya armada Si Thole dalam beberapa tahun terakhir. Dari 20 unit berbentuk minibus pada tahun 2014 atau kali pertama diluncurkan, menjadi tinggal 11 unit saja.

Kondisi itu otomatis membuat banyak wisatawan harus rela mengantre untuk dapat menumpangi Si Thole. “Sekarang, ada tambahan lima armada baru dengan tampilan yang juga menarik. Mobilnya unik. Harapannya, wisata di Jeron Beteng Keraton Yogyakarta semakin ‘gayeng’, meriah,” katanya.

2. Tarif tetap sama

Dok. Humas Pemkot Yogyakarta

Dengan adanya penambahan armada ini, Fuad memastikan, tidak tarif yang berubah, atau tetap Rp 5 ribu per penumpang. Meski, angkutan yang sekarang ini memiliki tampilan anyar dengan daya tampung 12 penumpang.

“Untuk armada yang lama tetap dijalankan. Saya kira kondisinya cukup bagus karena kami juga melakukan perawatan secara rutin,” terang dia.

Begitu pula titik aksesnya. Yakni masih di Taman Parkir Ngabean dengan tiga halte pemberhentian. Meliputi, Keraton, Taman Sari, dan depan Gedung Bank Indonesia.

Baca Juga: Pemkot Dukung Usulan Bus Dilarang Masuk Kota Yogyakarta

Berita Terkini Lainnya