TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sosialisasi Tol Yogyakarta, Dispertaru DIY Temukan Banyak Mutasi Tanah

15 pemilik lakukan mutasi tanah 

Warga melakukan konsultasi berkaitan dengan pembangunan tol Yogyakarta-Solo. IDN Times/Siti Umaiyah

Sleman, IDN Times - Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menemukan banyak mutasi tanah di Purwomartani, Kalasan, Sleman, saat melakukan sosialisasi tol Yogyakarta-Solo pada Rabu (15/1). Kepala Dispertaru DIY, Krido Suprayitno menjelaskan adanya mutasi, membuat pihaknya perlu menyesuaikan kembali data pemilik tanah yang terbaru.

Baca Juga: Satu RT Kena Dampak Tol, Warga Usulkan Pergeseran Trase Tol Yogyakarta

1. Belasan mutasi tanah ditemukan

Kantor Balai Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Krido mengatakan, di wilayah Purwomartani proses mutasi tanah bisa dibilang sangat cepat. Sampai dengan saat ini setidaknya ditemukan kurang lebih 15 mutasi tanah di Purwomartani.

Menurut Krido, dalam sosialisasi yang dilakukan hari ini, kebanyakan pemilik tanah yang lama tidak hadir. Padahal pihaknya sudah memberikan undangan kepada yang bersangkutan.

"Ditemukan banyak di 2 pedusunan, itu hampir ada 15 pemilik tanah dokumennya atas nama pemilik lama. Artinya sudah ada mutasi tanah, sehingga perlu ada penyesuaian nama. 15 orang di undang tidak hadir. Yang kita undang pemilik lama, padahal sudah jual beli tanah," ungkapnya pada Rabu (15/1).

2. Dispertaru akan lakukan validasi data

Warga melakukan konsultasi berkaitan dengan pembangunan tol Yogyakarta-Solo. IDN Times/Siti Umaiyah

Krido menjelaskan, dalam waktu dua minggu ke depan pihaknya akan melakukan validasi data. Nantinya tanah yang sudah dilakukan mutasi akan diperbaharui datanya.

"Untuk kesulitan di Purwomartani ada banyak mutasi tanah, sehingga kami harus menelusuri pemilik baru. Keterlibatan dengan pemerintahan desa sangat penting. Kalau secara keseluruhan warga menyambut baik dan antusias semua," katanya.

Baca Juga: Penggeledahan Rumah Raja Keraton Agung Sejagad, Warga Sudah Curiga 

Berita Terkini Lainnya