Ini Langkah Antisipasi Dampak TPS Sementara Cangkringan

Cangkringan merupakan wilayah resapan air

Sleman, IDN Times - Tanah Kas Desa (TKD) di Karanggeneng, Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, direncanakan akan menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara selama TPA Piyungan Bantul ditutup 45 hari. Berbagai antisipasi untuk mencegah risiko penggunaan lokasi itu pun disebut dilakukan.

Jogoboyo Kalurahan Umbulharjo, Sriyono, menjelaskan kajian lokasi tersebut telah dilakukan. Penentuan lokasi hingga kajian disebut meminimalkan dampak pembuangan sampah. 

1. Antisipasi agar tidak mencemari lingkungan

Ini Langkah Antisipasi Dampak TPS  Sementara CangkringanDepo sampah di Mergangsan, Kota Yogyakarta, Minggu (23/7/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sriyono menyebut, Cangkringan merupakan wilayah resapan air, sehingga dilakukan antisipasi agar tidak tercemar. Pemasangan membran disebut sebagai solusi untuk mencegah pencemaran. Selain itu, akan ada bak untuk menampung air lindi.

"Ada membran supaya gak meresap ke bawah. Nanti kan itu lindi mengalir ada tampungan, dan nanti diambil oleh DLH untuk diproses. Saya kira dari teman-teman DLH sudah mengantisipasi masalah resapan air," ujarnya.

2. Kompensasi akan diberikan kepada warga terdampak

Ini Langkah Antisipasi Dampak TPS  Sementara CangkringanIlustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Sosialisasi terus dilakukan kepada warga sekitar, secara bertahap. Kompensasi kepada warga sekitar juga akan diberikan. Meski begitu, belum ada kepastian berapa nilai kompensasinya.

"Kompensasi nanti nunggu dari semua pihak. Tentunya ada bagian-bagian tertentu apa sih hak-haknya, kemarin sudah diusulkan untuk kompensasi dengan warga," kata Sriyono.

Baca Juga: Warga Sekitar TPS Cangkringan Khawatir Bau dan Pencemaran Sampah 

3. Berharap lahan bisa dipulihkan lagi setelah digunakan TPS Sementara

Ini Langkah Antisipasi Dampak TPS  Sementara CangkringanRencana lokasi TPS Sementara di Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan. (Dok. Istimewa)

Pihaknya berharap setelah TPA Piyungan bisa difungsikan normal kembali, lokasi TPS Sementara di Umbulharjo juga bisa dikembalikan seperti sebelumnya. Terlebih daerah tersebut merupakan area pertanian warga.

"Kami berharap setelahnya tanah yang digunakan bisa dipulihkan agar bisa ditanami lagi. Waktu juga bisa dipatuhi kalau misal 2 bulan ya sudah 2 bulan, pembersihan kalau butuh 3 bulan ya tidak apa-apa," ungkap Sriyono.

Baca Juga: Sekda Sleman Minta Pembuangan Sampah Cangkringan Langsung Digunakan  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya