DLH Sleman: Pembuangan Sampah di TPS Cangkringan Tidak Setiap Hari

Upayakan tekan volume sampah

Sleman, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman akan mengatur jadwal pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara di Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, selama TPA Piyungan Bantul tutup. Pengangkutan sampah ke TPS Sementara tidak dilakukan setiap hari.

"Pengangkutan 2 hari sekali atau seminggu 3 kali," kata Kepala DLH Sleman, Epiphana Kristiyani, Rabu (26/7/2023).

1. Target tekan sampah hingga ratusan ton

DLH Sleman: Pembuangan Sampah di TPS Cangkringan Tidak Setiap HariIlustrasi daur ulang sampah (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Diketahui dalam sehari sampah yang ada di Sleman sekitar 300 ton. Setidaknya DLH Sleman menarget pengurangan sampah hingga 200 ton per harinya.

"Kami dari Sleman menekan sampah di Sleman, artinya 100 ton (yang dikirim ke TPS Sementara). Tidak akan lalu melayani pengambilan sampah di depo tiap hari," kata Epiphana.

2. Perlu kerja sama berbagai pihak tekan sampah

DLH Sleman: Pembuangan Sampah di TPS Cangkringan Tidak Setiap HariKepala DLH Sleman, Epiphana Kristiyani. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Epiphana juga menyebut bahwa untuk mengatasi permasalahan sampah ini, sebenarnya sudah ada Surat Edaran Bupati, secara garis besar upaya untuk mengurangi sampah dan memilah sampah. Menurutnya hal tersebut perlu kerja sama berbagai pihak.

"Perlu kerja sama semua pihak menekan, mengendalikan permasalahan sampah ini," ungkap Epiphana.

Baca Juga: Langkah DLH Cegah Pencemaran Air dan Bau di TPS Cangkringan

3. Diharap mulai beroperasi awal pekan depan

DLH Sleman: Pembuangan Sampah di TPS Cangkringan Tidak Setiap HariIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Epiphana menyebut untuk operasional TPS Sementara Cangkringan ini diharap dapat berjalan mulai awal pekan depan. Saat ini persiapan terus dilakukan termasuk untuk mengantisipasi potensi dampak pencemaran air maupun bau.

"Targetnya kalau gak Senin (31/7/2023) atau Selasa (1/8/2023), dikejar waktu juga. Harapannya tidak ada sampah menempuk di jalan-jalan," kata dia.

Baca Juga: Warga Sekitar TPS Cangkringan Khawatir Bau dan Pencemaran Sampah 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya