TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mahasiswa UNY Ajak Warga Gunungkidul Olah Jagung Menjadi Mi

Peluang bisnis mi cukup besar 

Pelatihan pembuatan mie dari jagung oleh mahasiswa UNY. Dok: istimewa

Sleman, IDN Times - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengajak petani jagung di Kabupaten Gunungkidul membuat mi. Ketua tim, Dhanu Sancoko mengungkapkan, pelatihan yang dilakukan di Padukuhan Bendogede 1, Bendogede 2 dan Padukuhan Mendak, Kapanewon Ponjong ini sebagai salah satu langkah pemberdayaan yang dilakukan terhadap masyarakat. 

 

Baca Juga: Mahasiswa UNY Rancang Alat Keselamatan Pekerja Konstruksi 

1. Jagung merupakan hasil panen utama warga

ilustrasi tanaman jagung (distanbun.ntbprov.go.id)

Dhanu mengungkapkan, pelatihan pembuatan mi jagung lantaran tanaman ini merupakan hasil panen utama yang dapat diolah mampu menghasilkan nilai jual tinggi.

“Harga jagung yang relatif murah dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bahan pangan lain yang memiliki nilai jual lebih tinggi," ungkapnya pada Kamis (7/10/2021).

2. Peluang bisnis mi cukup besar

Pelatihan pembuatan mie dari jagung oleh mahasiswa UNY. Dok: istimewa

Pelatihan untuk membuat mi yang dilakukan 13 mahasiswa UNY dipilih karena merupakan salah satu bahan pangan yang populer dan digemari oleh kalangan masyarakat. Peluang untuk bersaing di pasaran pun terbuka cukup besar dengan banyaknya peminat. Hal ini bisa menjadi jenis usaha baru untuk meningkatkan pendapatan warga.

“Mi jagung ini tinggi karbohidrat dan serat serta rendah lemak sekaligus mengandung karoten sehingga aman dikonsumsi penderita autisme dan orang yang hipersensitif pada protein terigu," katanya.

Berita Terkini Lainnya