TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Izin Kemenkes Belum Turun, Alat Uji Swab di Sleman Nganggur Sebulan  

Dinkes berharap alat dapat segera dioperasikan

Ilustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sleman, IDN Times - Sudah sebulan dua alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dimiliki Pemkab Sleman menganggur. Padahal alat ini penting untuk mempercepat tes swab dan skrining massal bagi warga Sleman.

Pemerintah Kabupaten Sleman membeli alat ini pada akhir Agustus 2020 lalu, namun izin penggunaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum turun.

"Untuk alat kita cek itu rekomendasi dari dinas kesehatan provinsi sudah turun. kemudian sedang berproses di Kementerian Kesehatan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo pada Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Kronologi 48 Orang Terpapar COVID-19 di Tiga Ponpes Sleman

1. Ada sedikit permasalahan pada filtrasi

Ilustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Joko menerangkan secara umum alat yang dibeli oleh Pemkab Sleman sama persis seperti yang dibeli Kemenkes. Namun saat pengurusan izin terdapat permasalahan pada ketentuan filtrasi.

"Sebenarnya ini masalahnya tetap cuma filtrasi saja. Secara prosedur Kemenkes juga beli alat yang sama untuk ditempatkan di daerah-daerah luar Jawa. Alat itu juga seperti yang kita beli," terangnya.

2. Berharap izin cepat turun

Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo. IDN Times/Siti Umaiyah

Dinas Kesehatan Sleman sangat berharap dua alat uji swab yang dibeli dengan anggaran Rp2,8 miliar dari APBD tersebut bisa segera digunakan. Hal ini dimaksudkan agar uji swab dan program skrining massal di Sleman bisa segera dilakukan.

Joko menjelaskan selama ini, untuk melakukan uji swab Pemkab Sleman masih bergantung pada laboratorium di FK KMK milik UGM.

"Untuk itu kita tetap berhati-hati masih menunggu. Karena sudah hampir sebulan dari pengadaan akhir Agustus, sekarang sudah akhir September. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa turun," terangnya.

Baca Juga: Awal Oktober Pemkab Sleman Mulai Aktifkan Rusunawa Gemawang 

Berita Terkini Lainnya