FIFA Soroti Rumput Stadion Piala Dunia U-17, Menteri PUPR: No Problem

Perawatan rumput hal wajar

Sleman, IDN Times - FIFA memberikan catatan pada kondisi rumput stadion calon venue penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menilai hal itu bukan masalah besar.

"Enggak (tidak ribet untuk masalah rumput). Itu dulu U-20 udah oke (Stadion Manahan, Solo)," ujar Basuki seusai menghadiri acara PPSMB di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023).

1. Menunggu laporan dari PSSI

FIFA Soroti Rumput Stadion Piala Dunia U-17, Menteri PUPR: No ProblemMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Basuki, perawatan rumput menjadi hal yang wajar. Meski begitu, Basuki menyebut saat ini masih menunggu laporan dari PSSI terkait catatan dari FIFA setelah mengecek sejumlah stadion.

"Saya belum dapat laporannya dari PSSI, tadi Pak Menteri BUMN, Ketua PSSI, tadi telpon mau ngirim surat karena baru laporan tempat presiden. Saya belum baca laporannya," kata Basuki.

2. Rumput jadi masalah calon venue

FIFA Soroti Rumput Stadion Piala Dunia U-17, Menteri PUPR: No ProblemKetua PSSI, Erick Thohir (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjabarkan hasil kunjungan FIFA pada 28 Juli sampai 2 Agustus 2023. Hasil kunjungan itu menyatakan, rumput jadi masalah di semua calon venue Piala Dunia U-17 2023.

"Kalau masalah lapangan ya, memang yang dilihat FIFA dari catatan ini semua rumput," ujar Erick dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Menteri PUPR: Dirjen Cipta Karya Sedang Cek TPA Piyungan

3. Masalah rumput sesuatu yang wajar

FIFA Soroti Rumput Stadion Piala Dunia U-17, Menteri PUPR: No ProblemANTARA FOTO/Maulana Surya

Erick mengaku, masalah rumput di calon venue Piala Dunia U-17 2023 adalah sesuatu yang wajar. Pasalnya, semua calon venue itu acap digunakan untuk pertandingan di berbagai kompetisi atau turnamen.

"Ketika pengecekan untuk (Piala Dunia) U-20 lolos, terus dipakai lagi stadionnya, ya enggak mungkin (rumputnya) enggak rusak. Jadi memang harus benar-benar ini perawatan rumputnya, termasuk di lapangan latihan juga," ujar Erick.

Baca Juga: PUPR Siapkan Skema KPR bagi ASN di IKN agar Terjangkau

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya