PUPR Siapkan Skema KPR bagi ASN di IKN agar Terjangkau

Rumah untuk ASN di IKN tipe 70

Sleman, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Penghitungan tengah dilakukan agar KPR terjangkau oleh ASN.

"Itu KPR belum diputusin, lagi dihitung oleh BTN, untuk bisa supaya terjangkau para ASN," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, seusai menghadiri acara PPSMB di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023).

1. Angsuran diupayakan terjangkau

PUPR Siapkan Skema KPR bagi ASN di IKN agar TerjangkauIlustrasi Kredit Cicilan Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Basuki menjelaskan untuk tipe rumah direncanakan tipe 70, dengan luasan tanah 90-an meter. Nantinya juga akan ada insentif yang diberikan. "Harus ada insentif itu," kata Basuki.

Diungkapkan bangunan rumah nantinya juga akan lebih baik daripada bangunan di Jawa, di Jakarta. "Kita teken supaya angsurannya tidak lebih dari, sekitar Rp2 jutaan (per bulan) kalau bisa," ungkapnya.

2. Skema hampir sama dengan KPR

PUPR Siapkan Skema KPR bagi ASN di IKN agar TerjangkauIlustrasi bangunan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, memastikan dengan skema yang disiapkan pemerintah, KPR di IKN bakal terjangkau.

"Ya skemanya hampir sama (dengan KPR yang sudah ada). Intinya adalah bagaimana affordable (terjangkau), kata kuncinya adalah affordable," kata Herry di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Menteri PUPR: Dirjen Cipta Karya Sedang Cek TPA Piyungan

3. Hunian untuk dinas disiapkan

PUPR Siapkan Skema KPR bagi ASN di IKN agar TerjangkauIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Di sisi lain, pemerintah juga menyiapkan hunian untuk dinas ASN di IKN. Saat ini sedang disiapkan pembangunan 47 tower hunian bagi 16 ribu ASN yang akan ditugaskan ke ibu kota baru Indonesia.

Jadi, nantinya ASN memiliki pilihan antara membeli rumah dengan skema KPR ataupun memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. "Kan udah disiapkan yang rumah dinas, udah disiapkan," tambah Herry.

Baca Juga: ASN Pindah ke IKN Disediakan KPR, Pemerintah Janji Bakal Terjangkau

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya