TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disdik Sleman Akui Mutu Pembelajaran Turun saat KBM Daring

Pembelajaran jarak jauh sarat kendala

Ilustrasi belajar menggunakan internet (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Sleman, IDN Times - Penerapan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) turut berimbas pada penurunan mutu pembelajaran. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengakui jika PJJ memang tidak efektif terlaksana.

"Dengan PJJ murni, kendala pasti ada. Pendampingan orang tua harus jadi prioritas, selama ini dalam PJJ murni terkadang guru tidak bisa memantau langsung peserta didik," ungkapnya pada Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Sleman Mulai PTM 100 Persen, Siswa Antusias Masuk Sekolah

1. Ada sejumlah keterbatasan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Ery mengungkapkan, saat PJJ di Sleman memang ada anak-anak yang tidak mampu atau kurang beruntung. Mereka harus melaksanakan PJJ di tengah keterbatasan alat dan sinyal.

Namun, hal itu bisa teratasi dengan adanya penggalangan dana untuk membeli gawai atau pembelajaran menggunakan HT, bekerja sama dengan komunitas.

"Memang ada beberapa daerah yang kesulitan sinyal saat PJJ, tapi itu bisa teratasi dengan HT," terangnya.

2. Hasil ASPD masih tergolong baik

Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Meskipun mutu pembelajaran mengalami penurunan, namun menurut Ery dari hasil Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD), Sleman masih tergolong baik. ASPD sendiri digunakan sebagai evaluasi kurikulum pembelajaran selama pandemik dan mendaftar ke jenjang lebih tinggi.

"Di ASPD alhamdulillah untuk SD dan SMP di Sleman masih di atas. Untuk beberapa SMP masuk 10 besar [nilai tinggi], bahkan ada sekolah dengan siswa memiliki nilai ASPD sempurna," terangnya.

Baca Juga: Sleman Punya Aturan Jam Malam bagi Anak untuk Cegah Klitih

Berita Terkini Lainnya