Polisi Bakal Uji DNA Potongan Tubuh Manusia di Turi Sleman

Identitas korban masih jadi misteri

Sleman, IDN Times - Kepolisian berencana melakukan pengujian DNA terhadap sejumlah potongan tubuh manusia yang ditemukan di area Sungai Bedog, Kelor, Bangunkerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kita sedang upayakan untuk uji DNA dari sisa-sisa potongan tubuh yang sudah kami dapatkan," kata Kapolresta Sleman, Kombes Pol Yuswanto Ardi, Kamis (13/7/2023).

1. Identitas masih misteri

Polisi Bakal Uji DNA Potongan Tubuh Manusia di Turi SlemanIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Pengujian DNA dimaksudkan untuk mengungkap identitas sosok dari pemilik potongan tubuh tersebut yang masih misterius. Sejauh ini, polisi telah menemukan empat potongan tubuh sejak pencarian dilaksanakan, Rabu (12/3/2023) malam hingga Kamis siang.

Kondisi potongan tubuh itu belum membusuk atau masih baru. Kata Ardi, hanya ada bagian kulit mengelupas saja.

"Total potongannya, kaki sampai mata kaki ada dua, kemudian tangan sebelah kiri satu dan ada bagian besar seperti potongan daging," urainya.

2. Cek CCTV cari sosok pembuang

Polisi Bakal Uji DNA Potongan Tubuh Manusia di Turi SlemanIlustrasi CCTV (Unsplash/Kyaw Tun)

Mantan Wakapolrestabes Semarang itu menambahkan, pihaknya akan memeriksa rekaman kamera pengawas atau CCTV di sekitar lokasi penemuan tubuh manusia yang diduga korban mutilasi itu.

"Rekaman CCTV akan kita sisir juga. Barangkali ada kesesuaian dengan informasi dari warga masyarakat," kata Ardi.

Lebih jauh, pihaknya juga akan mengambil keterangan saksi yang berjumlah tiga orang. Mereka adalah warga yang pertama kali menemukan potongan tubuh di bawah jembatan penghubung antara Dusun Bangunkerto dan Wonokerto.

Baca Juga: Cari Organ Tubuh Dugaan Mutilasi di Sleman, Tim Pencari Temukan Usus

3. Temukan organ dalam

Polisi Bakal Uji DNA Potongan Tubuh Manusia di Turi SlemanOperasi pencarian potongan tubuh manusia diduga korban mutilasi di area Sungai Bedog, Padukuhan Kelor, Bangunkerto, Turi, Sleman (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sementara itu operasi pencarian tim SAR dan kepolisian hari ini di tiga lokasi tak berhasil menemukan potongan tubuh baru. Namun mereka mendapatkan temuan organ dalam berupa usus saat operasi pencarian diperluas sampai Becici, Wonokerto, Turi.

"Itu diduga ditemukan usus, sudah diamankan Inafis. Ini baru dibawa ke RS Bhayangkara untuk identifikasi," kata Kapolsek Turi, AKP Arif Subakdo ditemui di Kelor, Kamis (13/7/2023).

Koordinator SAR DIY Unit Wonokerto, Agus Rianto alias Gusto, menyebut usus tersebut ditemukan oleh tim kurang lebih 1 kilometer dari lokasi penemuan potongan tubuh pertama di Sungai Bedog.

Menurut Gusto, tim pencari belum bisa memastikan apakah usus yang ditemukan di bawah jembatan tersebut adalah organ dalam manusia atau bukan. Maka dari itu proses identifikasi RS Bhayangkara diperlukan.

"Memang di sungai tersebut juga sering ada warga yang buang kalau istilahnya potong hewan. Tapi untuk kepastian tunggu Polresta Sleman," kata Gusto.

Selain usus, petugas juga menemukan plastik berisi pakaian dalam wanita, potongan kayu, kain, dan botol sepanjang enam jam operasi pencarian yang akhirnya dihentikan hari ini pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah potongan tubuh manusia diduga korban mutilasi ditemukan di area Sungai Bedog, Bangunkerto, Turi, Sleman, DIY, Rabu (12/7/2023) malam.

Kapolresta Sleman Kombes Pol Yuswanto Ardi menyebut potongan tubuh itu awal mula ditemukan oleh salah seorang warga yang hendak memancing di bawah jembatan penghubung Dusun Bangunkerto dan Wonokerto. Temuan itu kemudian dilaporkan ke kepolisian setempat.

Hingga tadi malam, polisi setidaknya telah menemukan sekitar empat potongan tubuh manusia. Kata Ardi, polisi belum bisa mengidentifikasi identitas mayat tersebut.

Baca Juga: Dugaan Mutilasi, 4 Potongan Tubuh Ditemukan di Turi Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya