TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yogyakarta Bikin Terobosan Wisata Kuliner Lewat Lelang Online

Disiapkan jadi destinasi baru pasca pandemik 

instagram.com/discovermnl

Yogyakarta, IDN Times – Pengin wisata kuliner tapi harus di rumah saja? Bisa banget, saat ini Dinas Pariwisata DIY dan DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY membuat terobosan dengan menggelar acara Lelang Kuliner Ramadan dan Lebaran via online.

Tak tanggung-tanggun,  pesertanya melibatkan hotel, restoran dan katering di Yogyakarta. Kegiatan ini diklaim merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Pakar pariwisata dari Universitas Sanata Dharma, Ike Janita Dewi menyatakan terobosan ini menjadi upaya agar agar bisnis yang berkaitan dengan kepariwisataan tetap semangat dan bangkit. Di sisi lain, lelang kuliner juga punya manfaat mengampanyekan makanan halal, sehat, dan higienis. 

"Harapannya saat masa Ramadan dan Lebaran mendatang masyarakat dapat merayakannya meski harus dari rumah,” kata Ike dalam siaran pers Dinas Pariwisata DIY yang disampaikan Senin (11/5).

 

Baca Juga: Rapid Test Massal Indogrosir Hari Pertama, 20 Orang Dinyatakan Reaktif

1. Menyiapkan destinasi baru pasca pandemik

Pexels/Idina Risk

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengimbuhkan, lelang kuliner menjadi kegiatan kreatif yang dilakukan secara gotong royong untuk menghadapi ujian ekonomi dan pariwisata karena pandemik COVID-19. 

"Kolaborasi dalam kebaikan pasti akan membuat kuat. Khususnya bangkit dari problem ekonomi karena corona," kata Singgih.

Sementara Ketua DPD GIPI DIY, Bobby Ardiyanto Setyo Aji turut bersyukur karena kebersamaan asosiasi pariwisata di DIY justru tampak lebih kuat. Yogyakarta mesti disiapkan menjadi destinasi baru pasca corona dengan cara berbeda.

"Kami yakin, Yogyakarta tetap menjadi destinasi wisata utama di Indonesia dan Insyaallah di Asia," kata Bobby.

2. Pemenang lelang bisa pesan makanan dikirim kapan saja

instagram.com/nasi_jinggo_ibu_agung

Proses lelang kuliner berlangsung secara online menggunakan akun zoom setiap hari dimulai pukul 13.00 - 15.0 WIB. Selain menanyakan informasi produk yang sedang dilelang, peserta lelang juga bisa melakukan penawaran harga. Harga yang ditawarkan mulai Rp10 ribu hingga ratusan ribu.

Makanan hasil lelang yang dimenangkan bisa dikirim pada hari yang sama atau tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. Biaya pengiriman ditanggung pembeli jika jaraknya di atas tiga kilometer. 

Baca Juga: Ditinggal Lockdown 50 Hari, Produk Mall di Malaysia Ditemukan Jamur

Berita Terkini Lainnya