TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bawaslu D.I Yogyakarta: 32,61% Mahasiswa Tidak Tahu Formulir A5

Sosialisasi harusnya lebih gencar dilakukan

tempo.co

Kota Yogyakarta, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DI Yogyakarta menyatakan 32,61% mahasiswa tidak mengetahui adanya fotrmulir A5 . Hal itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bawaslu dengan melibatkan 283 mahasiswa sebagai responden.

Ketua Bawaslu DI Yogyakarta, Bagus Sarwono , Rabu (10/4) menyatakan 32,61% tidak mengetahui adanya formulir A5, dan 6,52% mengaku sengaja tidak akan menggunakan hak pilihnya, alias golput.

Baca Juga: Ini Tanggapan KPU Bantul Soal Golput

1. Penelitian dilakukan di 8 universitas

digination.id

Hasil riset Uji Petik Daftar Pemilih Pindah  yang dilakukan di 8 universitas yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta, UGM, Universitas Kristen Immanuel, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Islam Indonesia (UII) , 30,04% mahasiswa mengaku belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan 60,96% sudah terdaftar.

Sedangkan dari yang telah terdaftar DPT, sebanyak 53,71% akan memilih di DI Yogyakarta, dan 46,29% akan memilih di daerah asal.

Dari responden yang akan memilih di DI Yogyakarta, 88,82% belum mengurus A5, dan baru 11,18% yang sudah mengurus.

Dari jumlah responden yang belum mengurus A5, 60,87% akan mengurus, 32,61% mengaku tidak mengetahui adanya A5 dan 6,52% memutuskan untuk tidak memilih.

"Iya responden kami adalah mahasiswa yang berasal dari luar Yogya. Penelitian ini kami lakukan hanya dalam waktu dua bulan,"ujar Bagus.

2. Sosialisasi tugas KPU

IDN Times/Sunariyah

Berdasarkan hasil penelitian ini, menurut Bagus seharusnya KPU lebih gencar lakukan sosialisasi mengenai prosedur kepindahan lokasi pencoblosan.

" Selain yang tidak ingin memilih, ada 32,61% tidak tahu tentang formulir A5. Seharusnya KPU lebih gencar lakukan sosialisasi."

Baca Juga: KPR Yogyakarta Nyatakan Golput Pada Pemilu 2019

Berita Terkini Lainnya