TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anomali Suhu Laut, BMKG Perkirakan Jogja Alami Kemarau Basah   

BMKG perkirakan sore ini Sleman dan Yogyakarta diguyur hujan

Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Yogyakarta, IDN Times - Beberapa wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat hari ini, Sabtu (28/5/2022). Menurut peringatan dini cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), selain Yogyakarta, di Pulau Jawa, hujan lebat berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

1. Hujan di Sleman dan Yogyakarta diperkirakan terjadi siang hingga sore hari

Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Diperkirakan hujan deras terjadi mulai siang hingga sore hari. Sebagian besar terjadi di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi yang diunggah di @infobmkgyia, seluruh kelurahan di Slema dan Yogyakarta akan diguyur hujan deras.  

Baca Juga: Pantai Greweng Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Baca Juga: Aktivitas Merapi Tetap Tinggi, Sepekan Terjadi 3 Awan Panas Guguran  

2. Musim kemarau akan terjadi awal Juni 2022

Ilustrasi. Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memeriksa alat ukur penguapan (Open Pan Evaporimeter) di Laboratorium BMKG (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprakirakan musim kemarau di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta terjadi secara bersamaan pada awal Juni 2022.

"Awal Juni seluruh wilayah DIY sudah masuk musim kemarau. Untuk DIY bagian selatan sudah masuk kemarau, tapi bagian tengah hingga utara masih pancaroba," kata Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Reni Kraningtyas beberapa saat lalu. 

Diperkirakan puncak musim kemarau di DIY diprakirakan terjadi pada Juli hingga Agustus 2022.

"Nanti curah hujan pada Juni akan berkurang dibandingkan Mei. Meski Juli juga masih ada hujan, tetapi cenderung berkurang dibandingkan Juni," katanya.

 

Berita Terkini Lainnya