TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pilur di Bantul, Sejumlah Warga Tak Terima Undangan Nyoblos

Pemilihan lurah di Bantul digelar besok, 25 September 2022

Ilustrasi surat undangan pencoblosan pilur di Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Satu hari menjelang pencoblosan pemilihan lurah (pilur) serentak di Kabupaten Bantul pada Minggu (25/9/2022), masih ada warga yang belum menerima surat undangan untuk memberikan hak suaranya di bilik suara.

Baca Juga: Kampanye Pilur Bantul Sepi, Aktivis AntiPolitik Uang: Saya Curiga!

1. Ketua RT dan istri tidak menerima surat undangan mencoblos ‎

Iluatrasi surat undangan untuk memberikan suara.(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Temuan adanya warga yang belum mendapatkan surat undangan untuk mencoblos terjadi di Padukuhan Gununungan, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro. Bahkan salah satu ketua RT dan istrinya juga tidak mendapatkan surat undangan. Padahal RT tersebut ditugasi untuk membagikan surat undangan pencoblosan pilur.

"Ya memang benar Pak RT 02 dan istrinya malah tidak mendapatkan surat undangan untuk memberikan hak suara pada pilur serentak besok," kata Ketua RT 01, Padukuhan Gunungan, Aris, Sabtu (24/9/2022).

2. Minta solusi agar warga yang berhak memilih difasilitasi untuk bisa mencoblos‎

Ilustrasi warga menggunakan hak pilih di bilik suara.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya di RT 01 juga masih ada warga yang belum mendapatkan surat undangan untuk memberikan suaranya. Padahal warga tersebut merupakan warga asli Padukuhan Gunungan dan tinggal sejak kecil hingga menikah dan ber-KTP Padukuhan Gunungan.

"Saya juga bingung karena saya juga ditanyai warga saya, kok ndak diberi undangan untuk mencoblos," keluh Aris.

Aris justru mempertanyakan bagaimana panitia pilur melakukan validasi daftar pemilih sementara (DPS) hingga ditetapkan sebagai data pemilih tetap (DPT) yang ujungnya ada nama warga tidak mendapatkan undangan untuk memberikan hak pilihnya.

"Saya berharap ada solusi bagi warga yang belum mendapatkan undangan mencoblos untuk nantinya diakomodir menggunakan hak pilihnya karena jelas ber-KTP warga Padukuhan Gunungan," tandanya.

Baca Juga: Calon Lurah Lakukan Kampanye Terbuka Pilur di Bantul

Berita Terkini Lainnya