PKB Buka Peluang Gaet PKS-NasDem Usung Anies di Pilkada Jakarta

Bisa mirip Koalisi Perubahan, bisa juga lebih gemuk

Intinya Sih...

  • PKB membuka kemungkinan berkoalisi dengan NasDem dan PKS untuk mengusung Anies Baswedan pada Pilkada atau Pilgub DKI Jakarta 2024.
  • Parpol di berbagai daerah juga membangun koalisi sendiri yang tidak terikat dengan kontestasi politik sebelumnya, termasuk Pilpres 2024.
  • PKB menawarkan diri untuk mengusung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024 atas dasar keyakinan bahwa Anies bisa memenangkan kontestasi.

Sleman, IDN Times - PKB membuka kemungkinan berkoalisi dengan NasDem dan PKS mengusung Anies Baswedan pada Pilkada atau Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang.

"Bisa begitu (bersama PKS dan NasDem), bisa tambah. Kan tidak selalu ada hubungan antara Pilpres dengan koalisi Pilkada," kata Ketua DPP PKB, Abdul Halim Iskandar, di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sleman, Selasa (21/5/2024).

1. Tak terpaku koalisi Pilpres

PKB Buka Peluang Gaet PKS-NasDem Usung Anies di Pilkada JakartaMenteri Desa sekaligus Ketua DPP PKB, Abdul Halim Iskandar (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Halim menyebut parpol-parpol di berbagai daerah juga sudah membangun koalisinya sendiri. Poros yang mereka bangun memang tak melulu sama atau terikat dengan kontestasi politik sebelumnya. Dalam hal ini Pilpres 2024.

"Sekarang bisa kita lihat ya, semua daerah sudah membangun koalisi yang kadang-kadang tidak nyambung dengan koalisi Pilpres, enggak ada masalah," tutur Menteri Desa yang juga kakak Muhaimmin Iskandar itu.

PKB sendiri seperti diketahui tergabung dalam Koalisi Perubahan pada Pilpres 2024 kemarin. Bersama PKS dan Nasdem, koalisi ini mengusung pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimmin Iskandar.

2. Yakin Anies menangi Pilgub DKI Jakarta 2024

PKB Buka Peluang Gaet PKS-NasDem Usung Anies di Pilkada JakartaAnies Baswedan menerima dukungan dari warga Muara Baru, Jakarta Utara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Halim pribadi meyakini Anies bakal menang apabila bersedia maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

"Kita yakin kalau Pak Anies maju DKI akan memenangkan kontestasi," ujarnya.

Atas dasar itulah, Halim menyebut PKB menawarkan diri untuk mengusung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024 besok. Termasuk, salah satu pertimbangannya adalah kerjasama saat Pilpres 2024 kemarin.

"Ya, salah satu opsi PKB akan mendukung Pak Anies," imbuhnya.

 

Baca Juga: Anies Tetap Pertimbangkan Nyagub di Jakarta Meski Turun Kelas

3. PKS dukung sosok yang mau fokus bangun Jakarta

PKB Buka Peluang Gaet PKS-NasDem Usung Anies di Pilkada JakartaKetua DPP PKS Mardani Ali Sera. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, menuturkan jika parpolnya dengan banyak pertimbangan masih ingin mengusung kader terbaik dari internal partai. Menurut dia, posisi Jakarta masih sangat spesial meskipun kelak tak lagi menjadi ibu kota nanti.

Sebagai partai politik pemenang Pileg DPRD Provinsi Jakarta, kata dia, PKS menginginkan untuk mengusung sosok yang bisa bekerja untuk Jakarta selama lima tahun ke depan.

“Pilkada DKI sekarang ini agak spesial karena bukan lagi daerah khusus ibu kota. Karena itu, kita lagi nyari sosok yang betul-betul fokus urus Jakarta,” kata Mardani.

Baca Juga: Elite PKB Yakin Anies Menang Jika Maju Pikada Jakarta 2024

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya