Jelang Nikahan, Tetangga Erina Gudono Pasang Spanduk   

Bangga warganya besanan dengan presiden 

Sleman, IDN Times - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono di Pendopo Ambarrukmo, Depok, Sleman, yang rencananya berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) tinggal hitungan hari. Warga sekitar tempat tinggal Erina di Kampung Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman antusias menyambut datangnya hari bahagia itu dengan memasang dua buah spanduk di lingkungan mereka.

1. Spanduk bertuliskan Ndherek Mangayubagyo

Jelang Nikahan, Tetangga Erina Gudono Pasang Spanduk   Warga sekitar tempat tinggal Erina di Kampung Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman memasang spanduk bagi pasangan yang akan menikah Sabtu (10/12/2022) mendatang.(IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Sejumlah warga Purwosari hari ini, Minggu (4/12/2022) melakukan kerja bakti pemasangsan spanduk di Jalan Kalimantan yang merupakan wilayah RT 01/RW 58.

Sebanyak dua buah spanduk dipasang tak begitu jauh dari kediaman Erina Sofia Gudono yang berada di wilayah RT 03/RW 59. Spanduk yang dipasang berseberangan itu masing-masing bertuliskan 'Nderek Mangayubagyo Mas Kaesang dan Mbak Erina' dan 'Sugeng Rawuh Pak Jokowi'.

"Karena jalannya yang diketahui (dilewati calon mempelai laki-laki dan keluarga) nanti akan lewat Jalan Kalimantan," kata Kepala Dukuh Purwosari, Sutarto, Minggu (4/12/2022).

Kaesang sebelumnya disebut akan turut serta dalam rombongan Presiden Joko Widodo di malam midodareni, Jumat (9/12/2022). Ia akan melakoni rangkaian pernikahan adat Jawa dengan tradisi nyantrik di rumah keluarga calon isterinya.

2. Bangga warganya besanan dengan presiden

Jelang Nikahan, Tetangga Erina Gudono Pasang Spanduk   Warga sekitar tempat tinggal Erina di Kampung Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman memasang spanduk bagi pasangan yang akan menikah Sabtu (10/12/2022) mendatang.(IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Sutarto melanjutkan, pemasangan spanduk ini merupakan inisiatif dari masyarakat setempat. Alasannya adalah rasa bahagia sekaligus bangga lantaran salah satu dari mereka kini bakal berbesanan dengan Jokowi. Adapun dana berasal dari kas milik warga. 

"Atas nama warga, mangayubagyo (berbahagia) atas pernikahan Mas Kaesang dan Mbak Erina. Dan otomatis dari warga Purwosari benar-benar sangat bangga karena di Purwosari (ada warga) yang berbesanan dengan Bapak Presiden RI, Pak Jokowi," jelas Sutarto.

Menurut dia, warga masih punya rencana memasang sejumlah spanduk serupa lagi di beberapa titik strategis ke depannya.

"Nanti ada kelanjutannya akan membahas tindak lanjutnya koordinasi dengan Pak RT dan RW," tambah Sutarto.

Baca Juga: Ditanya Soal Kado Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Kata Sultan

3. Bersih-bersih dan menjaga keamanan

Jelang Nikahan, Tetangga Erina Gudono Pasang Spanduk   Rumah calon mempelai perempuan, Erina Gudono yang terletak di Dusun Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman hari ini Kamis (1/12/2022) mulai dipasang tenda.(IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Tak sekadar memasang spanduk, warga Purwosari berkomitmen mendukung kelancaran keberlangsungan acara sejak hari pertama prosesi pernikahan. Sutarto menyebut para warga juga bergotong royong melakukan bersih-bersih lingkungan serta menjaga keamanan.

"Kami sudah siap membantu, yaitu kaitannya menjaga kebersihan lingkungan, keamanan. Walaupun keamanan sudah dijaga oleh TNI dan Polri, tapi warga siap bersedia membantu keamanan," tutupnya.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang, Ada Imbauan Khusus Bagi Tetangga Erina

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya