Comscore Tracker

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatif

Semoga kamu segera bangkit dan bersemangat

Banyak hal yang dikhawatirkan di kehidupan yang sedang dijalani. Pada batas wajar, hal ini sangatlah normal dirasakan setiap orang. Namun, apabila hidup dipenuhi dengan rasa khawatir dan ketakutan, akan berdampak pada kesehatan mental seseorang.

Selain mempengaruhi mental, perasaan negatif yang berkelanjutan dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Dilansir Psychology Today, berikut ini beberapa cara untuk menenangkan diri yang bisa kamu lakukan!

1. Mengurangi waktu menonton televisi atau berita

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatifilustrasi menonton televisi (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Memperoleh informasi dari dunia luar cukup penting agar kita tidak tertinggal dengan apa yang sedang terjadi. Namun, kita tidak perlu mendapatkan seluruh informasi yang terjadi pada dunia di satu waktu.

Terlalu banyak menampung hal-hal yang terjadi di luar diri kita akan membuat kita mudah merasa lelah, khawatir dan cukup adiktif sehingga membuat kita kurang produktif menjalani hari. Maka dari itu, membatasi nonton televisi dan berita menjadi satu cara agar hidup lebih tenang.

Baca Juga: 5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lain

2. Mendengarkan musik favorit

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatifilustrasi mendengarkan musik (unsplash.com/Soundtrap)

Mendengarkan musik sudah cukup terbukti dapat membangkitkan rasa bahagia. Saat mendengarkan musik, mood seseorang akan lebih baik saat ingin memulai suatu aktivitas.

Tak hanya itu, mendengarkan musik juga dapat menenangkan hati yang mungkin sedang bersedih. Ditambah dengan bernyanyi dan menikmati alunan musik dapat membuat hari lebih menyenangkan. Sudah sangat tak diragukan, musik sebagai media yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mental seseorang. 

3. Fokus pada hal-hal baik

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatifilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Omid Armin)

Terkadang segelintir orang berfokus pada hal-hal negatif yang terjadi pada dirinya. Hal ini membuat dampak-dampak lain seperti kekhawatiran berlebih atau bahkan imun yang melemah. Salah satu cara menguranginya ialah dengan berfokus pada hal-hal baik yang terjadi di kehidupan kita.

Saat sedang duduk bersantai, ingatlah hal-hal kecil seperti senyum dari rekan kerjamu, rasa enak dari makanan yang kamu makan, dan cuaca yang begitu cerah. Dengan terbiasa menikmati hal baik dan mensyukurinya, perasaan khawatir dan cemas yang dirasakan dapat berkurang.

4. Menikmati waktu di luar rumah

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatifilustrasi menikmati pemandangan (unsplash.com/A. L.)

Terlalu banyak berada di dalam rumah dapat membuatmu merasa sempit. Berjalan kaki keluar rumah, menyapa tetangga, melihat bunga-bunga yang cantik sangat dapat membuat pikiranmu lebih tenang. Alam memang dapat memberikan ketenangan bagi siapa saja yang menikmatinya.

Hal ini juga membuat kita menghargai hal-hal lain di luar diri kita sendiri dan merasakan banyak hal yang begitu indah di luar sana. Maka dari itu, nikmati momen dan waktu di luar rumah dan rasakan ketenangan yang ada.

5. Belajar bercocok tanam atau berkebun

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatifilustrasi mengurus tanaman (unsplash.com/Pelargoniums)

Belajar bercocok tanam atau berkebun dapat membuat seseorang lebih merasa hidup karena dari sana terdapat pembelajaran tentang sebuah proses berkehidupan. Selain itu, keindahan dari apa yang kita tanam juga membuat hari lebih menenangkan. Hal ini juga kita dapat sambungkan dengan keseharian, hal-hal baik yang kita tanam kelak akan kita nikmati di kemudian harinya.

6. Selalu percaya akan harapan

6 Cara Tenangkan Diri ketika Kamu Dikuasai Perasaan Negatifilustrasi menikmati matahari (unsplash.com/Pablo Heimplatz)

Membangun sebuah harapan bukan berarti mempercayai bahwa semua hal yang terjadi pada diri kita akan selalu baik. Namun, mempercayai bahwa setelah adanya kesedihan yang terjadi, selalu ada cahaya, selalu ada harapan.

Harapan bagaikan cahaya yang menerangi hidup di saat kita merasa terpuruk. Maka dari itu, harapan harus selalu kita percaya dan kita tumbuhkan untuk membuat hidup lebih tenang.

Kekhawatiran yang berlebihan bisa membuat kita sulit berpikir jernih. Oleh karena itu, cara di atas perlu kamu lakukan agar memperoleh ketenangan dalam hatimu.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Merasa Kurang Good Looking

Windy Septiyanti Photo Community Writer Windy Septiyanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya