Comscore Tracker

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa 

Beberapa minuman justru membuatmu lebih sering kencing 

Berpuasa seharian akan menghabiskan nutrisi dan cairan dalam tubuh. Biasanya di saat sahur, orang-orang akan memilih makanan dan minuman yang tepat agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Agar tetap bisa menjalankan puasa dengan lancar, kamu harus tahu bahwa 6 minuman di bawah ini ternyata harus dihindari saat santap sahur.

1. Teh 

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa wallpaperflare.com

Minuman teh, sering menjadi pilihan banyak orang apalagi disajikan hangat. Namun, tahukah kamu, minuman ini bisa membuatmu lebih sering buang air. Akibatnya, cairan dalam tubuh berkurang dan merasakan haus berlebihan.

Selain itu, teh yang dicampur dengan gula bisa membuat kalian lebih cepat lemas dan menimbulkan rasa kantuk.

2. Kopi 

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa unsplash.com/@muustudio

Minuman yang satu ini mengandung kafein yang dapat menyebabkan risiko iritasi lambung dan peningkatan asam lambung. Sama dengan teh, kopi juga bersifat diuretik yang membuat kalian sering buang air. Hal ini bisa menyebabkan rasa haus berlebihan karena cairan menjadi berkurang.

Baca Juga: 9 Promo Buka Puasa All You Can Eat di Hotel Jogja, Dijamin Puas!

3. Minuman manis

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa ilustrasi minuman manis berkalori tinggi (saojoaquimonline.com.br)

Minuman manis memang menggoda, apalagi ada anggapan minuman jenis ini bisa membuat kita lebih kuat berpuasa karena kandungan gulanya. Namun yang terjadi justru sebeliknya, minuman manis akan menaikkan kadar gula dengan cepat sekaligus menurunkan kadar gula secara cepat pula. Hal itu bisa membuat tubuh kita akan merasa cepat lemas.

4. Minuman berkarbonasi

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa sehatq.com

Minuman berkarbonasi yang mengandung soda sangat tidak disarankan dikonsumsi pada saat sahur maupun berbuka puasa. Lantaran minuman ini bisa membuat lambung kamu iritasi. Selain itu, kandungan karbondioksida di dalam minuman ini bisa membuat perut kamu kembung dan merasa begah.

5. Minuman masam

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa foodfusion.com

Minuman masam seperti air jeruk, juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur dna minuman pembuka saat berbuka puasa. Walaupun rasanya terasa menyegarkan, air masam bisa membuat asam lambung meningkat. Hal ini akan membuatmu merasa tidak nyaman saat menjalankan puasa.

6. Air dingin

Hati-hati, Hindari 6 Minuman Ini saat Sahur Agar Kuat Berpuasa lifeandtrendz.com

Air dingin juga termasuk salah satu minuman yang dilarang saat sahur dan perutmu kosong. Hal ini disebabkan saat mengonsumsi air dingin saat saur bisa membuat lambung berkontraksi dan menimbulkan rasa sakit. 

Nah, sudah tahu kan 6 minuman yang harus kalian hindari saat sahur. Semoga ibadah puasa kita semakin lancar ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kafe yang Sejuk di Jogja, Cocok Buat Healing   

Putri Pratitis Photo Community Writer Putri Pratitis

Manusia biasa yang menginginkan uang banyak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya