Comscore Tracker

Resep Tumis Tempe Cumi Asin, Pembasmi Lapar Tak Tertahankan

Enak dan praktis banget, lho!

Tempe biasanya diolah menjadi lauk sederhana berupa orek tempe, tempe goreng, atau bahkan sayur lodeh tempe. Tapi, apa jadinya jika tempe dipadukan dengan cumi asin? Seperti, tumis tempe cumi asin.

Jangan ragu, rasanya tentu tambah enak. Apalagi jika dipadukan dengan bumbu tumisan yang pedas dan menggoda. Dijamin bikin kamu sukses menghabiskan nasi sebakul.

Selain enak, proses pembuatannya pun cukup mudah. Penasaran, kan? Yuk, simak penjelasan resep tumis tempe cumi asin di bawah ini!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Tumis Tempe Cumi Asin, Pembasmi Lapar Tak Tertahankanilustrasi tempe (pixabay.com/Bintang_Galaxy)

Bahan-bahan:

  • 1 papan tempe
  • 100 gram cumi asin
  • 1 papan petai
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai hijau keriting
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 150 ml air
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1 /2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram

2. Gorenglah tempe terlebih dahulu

Resep Tumis Tempe Cumi Asin, Pembasmi Lapar Tak Tertahankanilustrasi menggoreng tempe (pixabay.com/nuzree)

Rendamlah cumi asin di air panas selama 15 menit untuk mengurangi kadar garam dan melunakkan dagingnya. Sambil menunggu, irislah tempe menjadi potongan dadu kecil sesuai selera.

Lalu, gorenglah tempe hingga berwarna kuning keemasan dan kering. Jika tekstur dan warnanya sudah berubah, segera angkat serta tiriskan. Pindahkan ke dalam wadah yang tersedia.

Sementara itu, buang air rendaman cumi jika sudah 15 menit berlalu. Kemudian, irislah cumi asin menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Baca Juga: 7 Resep Terung ala Mancanegara, Kreasi Lezat dan Berbeda

3. Tumislah bawang merah dan bawang putih hingga wangi

Resep Tumis Tempe Cumi Asin, Pembasmi Lapar Tak Tertahankanilustrasi menumis bawang merah (pexels.com/Geraud pfeiffer)

Kupaslah kulit petai dan belah dagingnya menjadi 2 bagian. Sementara itu, irislah bawang merah, bawang putih, cabai hijau keriting, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah sesuai selera.

Lalu, panaskan minyak goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan bawang merah dan bawang putih. Tumislah kedua bahan tersebut hingga tercium wangi yang khas.

Sambil diaduk-aduk, masukkan semua irisan bahan tadi, daun salam, dan daun jeruk ke dalam tumisan bawang ini. Aduk-aduk hingga cabai pun ikut layu. 

4. Masukkan tempe dan cumi asin

Resep Tumis Tempe Cumi Asin, Pembasmi Lapar Tak Tertahankanilustrasi memasak tumis tempe cumi asin (unsplash.com/Kevin McCutcheon)

Jika bahan-bahan tadi sudah layu dan tercium wangi bawang yang khas, segera masukkan air dan kaldu jamur. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan biarkan sejenak hingga mendidih.

Setelah mendidih, tambahkan tempe, cumi asin, saus tiram, dan kecap manis. Masaklah sambil terus diaduk-aduk hingga kuahnya pun menyusut. 

5. Akhirnya, tumis tempe cumi asin siap disajikan

Resep Tumis Tempe Cumi Asin, Pembasmi Lapar Tak Tertahankantumis tempe cumi asin (instagram.com/kidokids_homesticker)

Terakhir, jangan lupa untuk koreksi rasa. Kamu bisa tambahkan bumbu sesuai selera jika masih kurang.

Namun jika rasanya sudah pas dan kuahnya menyusut, langsung saja matikan kompor. Pindahkan masakan sederhana ini ke dalam piring saji.

Sekarang, kamu sudah bisa makan enak dengan lauk tumis tempe cumi asin. Sensasi pedas dan rasa gurihnya sudah cocok seperti jodoh. Yuk, segera eksekusi resep ini!

Lena Latipah Photo Community Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya