Comscore Tracker

5 Mix Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Manfaat

Cocok untuk kamu yang suka dengan sensasi yang berbeda! 

Jus menjadi sebuah alternatif bagi mereka yang enggan mengonsumsi buah atau sayuran dengan cara memakannya. Sebab, mengonsumsi dengan cara meminumnya merupakan jalan yang praktis dan cepat.

Dengan luas dan mudahnya mendapatkan informasi, jus yang memiliki cita rasa yang unik ini dapat dikreasikan secara luas, terutama dalam hal perpaduannya. Tidak hanya antara buah dengan buah, bahkan buah dengan sayuran dalam satu 'ramuan'.

Di balik kesegarannya dan rasa unik yang diciptakannya, mix jus buah dan sayur ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kamu. Segar lagi menyehatkan!

1. Demi imun tubuh dan antioksidan dari sawi dan asam-manisnya nanas 

5 Mix Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Manfaatillustrasi Jus Nanas (unsplash.com/YesMore Content)

Nanas yang memiliki cita rasa asam-manis namun sangat menyegarkan. Buah kuning ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imun tubuh kamu, lho! Dicampur dengan sawi hijau yang bermanfaat karena memiliki antioksidan yang tinggi sangat cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi sekarang ini.

Kesegaran yang akan kamu nikmati bisa didapatkan dengan menyiapkan bahan-bahan yang mudah didapat dan diblender. Kamu cukup butuh 300 gram buah Nanas, dan 3 lembar atau 50 gram sawi hijau, pakcoy juga boleh. Kedua bahan tersebut kamu potong kecil-kecil.

Kemudian tambahkan gula sesuai seleramu dan 250ml air putih. Boleh banget kalau kamu tambahkan es batu dan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon untuk menambahkan cita rasa kesegarannya!

2. Mata cerah dan indah berkat bayam dan wortel dipadu dengan segarnya apel

5 Mix Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Manfaatillustrasi Jus Bayam Apel Wortel (unsplash.com/Jugoslocos)

Wortel dan bayam terkenal dengan kaya vitamin A. Kedua bahan ini dapat menjadi kiblat utama dalam menjaga kesehatan mata, lho! Dipadu dengan segarnya apel yang memiliki banyak vitamin dan serat yang dipercaya dalam menjaga kesehatan jantung, gigi dan tulang. Komplit banget!

Jus yang segudang sumber kesehatan ini bisa kamu konsumsi dengan menyiapkan 15 helai bayam, 2 buah apel, dan 2 buah wortel kecil. Ketiga bahan tadi kamu kupas dan potong kecil-kecil.

Kamu juga boleh tambahkan perasan jeruk nipis dan madu untuk menambah cita rasa segar dan manisnya. Kemudian kamu masukkan seluruh badan ke blender dan boleh ditambahkan air jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Tips Kembalikan Pola Makan Usai Lebaran, Kembali Bugar!

3. Kolaborasi antara seledri, jahe, dan apel demi kesuksesan dietmu

5 Mix Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Manfaatillustrasi Jus Seledri Apel Jahe (unsplash.com/Christina Rumpf)

Jika kamu sedang melakukan program diet menurunkan berat badan, 'ramuan' ini sangat berguna bagi kamu, lho! Seledri dikenal sebagai sayuran detox yang berguna mengeluarkan racun dan garam berlebih dari tubuhmu. Dipadu dengan jahe yang bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan dan apel yang kaya akan serat, menjadikan jus ini patut dipertimbangkan.

'Ramuan' ini bisa kamu racik dengan menyiapkan satu ruang jahe, 8 batang seledri, dan satu buah apel yang dipotong-potong dan diblender. Mantap!

4. Kolestrol dan tekanan darah tinggi menjadi kerdil karena labu siam dan apel

5 Mix Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Manfaatilustrasi Jus Apel dan Labu Siam (pexels.com/Felix Oehler)

'Ramuan' berbahan apel lagi, nih! Apel benar-benar sangat bermanfaat bagi tubuh dan cocok dipadu dengan banyak bahan, ya!

Kali ini labu siam yang memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi dipadu dengan apel yang kaya serat dalam menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Kamu cukup membutuhkan 1/2 buah labu siam yang berukuran sedang atau 1 buah jika berukuran kecil, dan 1 buah apel.

Kamu dapat meracik minuman ini dengan blender. Oh iya, kamu juga boleh menambahkan es batu dan gula untuk menambah cita rasa manis dan segar, ya!

5. Dag-dig-dug jantungmu akan selalu berdetak sehat berkat sawi, pepaya, dan pisang

5 Mix Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Segar dan Kaya Manfaatilustrasi Jus Pepaya (pexels.com/Kindel Media)

Beta karoten dan flavonoid di dalam kandungan sawi akan menjaga kesehatan jantung kamu, lho! Tidak hanya itu, vitamin C dan likopen di dalam pepaya dan kalium di dalam pisang juga ikut berbaris menjaga kesehatan jantung kamu. Komplit!

Kamu butuh 2 buah pisang cavendish beku, 10 lembar sawi, dan 1/2 buah pepaya berukuran sedang atau 1 buah jika ukuran kecil. Semua bahan dipotong kecil dan diblender dengan air putih sebanyak 600ml.

Itulah 5 'ramuan' mix jus buah dan sayur yang akan membuat kamu on the way menuju kesehatan tubuh yang hakiki. Selamat menikmati, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Apel, Agar Buah Kesukaanmu Tak Cepat Busuk

Adhe Nugroho Photo Community Writer Adhe Nugroho

Ketenangan adalah sebuah mimpi yang indah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya