Comscore Tracker

Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegenda

Makanan jadul yang nikmat

Berbicara mengenai daerah Gunungkidul, pastinya tak akan bisa lepas dari wisata alamnya. Namun, tidak hanya tempat wisata saja yang perlu kita ketahui, di wilayah paling timur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdapat makanan nikmat yang saat ini jarang kita temui di pasar tradisional. 

Kuliner unik ini bernama gatot, yang merupakan olahan kuliner berbahan dasar singkong kering. Makanan khaa Gunungkidul ini memiliki cita rasa yang khas dan gurih.

Harganya sangat terjangkau yaitu hanya Rp1.000 hingga Rp2.000 saja untuk per porsi. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Berikut resep cara membuat gatot singkong yang bisa kamu coba. Simak selengkapnya ya.

1. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan

Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegendasingkong kering untuk membuat gatot (pixabay.com/TOMCHIPONGE)

Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat gatot singkong khas Kabupaten Gunungkidul, yaitu:

  • 750 gr gatot kering atau disebut gaplek
  • 1 butir kelapa parut
  • 1 sdm garam
  • Daun pisang secukupnya

2. Rendam gatot, kemudian iris tipis-tipis

Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegendailustrasi merendam singkong (twitter.com/Arie_Ariana)

Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, selanjutnya rendam gaplek atau gatot kering selama beberapa menit. Setelah itu angkat dan tiriskan, selanjutnya iris semuanya tipis-tipis.

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian di Pasar Kranggan Jogja, Buka Sampai Malam

Baca Juga: Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan 

3. Kukus irisan gatot hingga matang

Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegendailustrasi mengukus singkong (twitter.com/SFTOOKCW)

Berikutnya, siapkan panci untuk mengukus. Masukkan irisan gatot ke dalam panci, lalu kukus beberapa menit hingga matang. Setelah itu angkat dan tiriskan.

4. Parut 1 butir kelapa

Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegendamemarut kelapa (twitter.com/kebahagyaan)

Langkah selanjutnya yaitu, ambil 1 butir kelapa, bersihkan dan cuci hingga bersih. Setelah itu, parut dan taburi dengan garam serta aduk atau uleni hingga rata.

5. Sajikan di atas daun pisang

Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegendagatot singkong khas Gunungkidul (instagram.com/kulinersoliraya__)

Berikutnya siapkan daun pisang untuk membungkus. Bentuk menjadi sebuah pincuk. Terakhir tata gatot di atasnya daun pisan dan beri taburan parutan kelapa. Gatot singkong khas Gunungkidul pun siap untuk dinikmati.

Nah, itulah resep cara membuat gatot singkong yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Jika proses membuat gatotnya terlalu lama, kamu bisa langsung mencari yang sudah jadi di pasar. Tunggu apa lagi, yuk buruan coba!

Baca Juga: Berburu Takjil ala Mahasiswa Jogja, Harga Merakyat Mulai Rp5 Ribu   

Gilang Khuatul Akhmal Photo Community Writer Gilang Khuatul Akhmal

"Tugas manusia hanyalah berusaha, teruntuk hasilnya biarlah Tuhan yang menentukan"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya