Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya Legit

Cocok jadi tempat kuliner malam dan berburu sarapan

Ketika berkunjung ke Gunungkidul, kamu tetap bisa mencicipi gudeg. Di kabupaten ini terdapat beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berburu makanan khas Yogyakarta tersebut.

Rasa gudeg yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dari yang ada di pusat kota, sehingga tak perlu ragu untuk mencicipinya. Catat ya, berikut enam tempat rekomendasi tempat makan gudeg di Gunungkidul yang patut kamu jajal!

1. Gudeg Yu Djum

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya LegitOutlet Gudeg Yu Djum di Gunungkidul (gudegyudjumpusat.com)

Memiliki cabang di mana-mana, cita rasa Gudeg Yu Djum tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Gunungkidul juga memiliki cabang gudeg Yu Djum. Seperti gudeg pada umumnya, gudeg ini dibuat dari sayur nangka dan disajikan dengan krecek serta nasi hangat. 

Ada lauk pelengkap seperti telur, ayam dan jeroan yang bisa kamu tambahkan saat menyantap gudeg legendaris ini.

Lokasi: Jalan Raya Jogja-Wonosari KM 7, Playen, Gading II, Gunungkidul, Yogyakarta

2. Gudeg Bu Narsilah

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya LegitGudeg Bu Narsilah (google.com/maps/warunggudegbnarsilah)

Meski lokasinya cukup jauh dari jalan raya, Gudeg Bu Narsilah ini cocok jadi salah satu tempat makan gudeg yang direkomendasikan, lho. Rasa masakan yang disajikan di sini tak kalah dengan gudeg di pusat Kota Jogja. 

Ada lauk komplit yang menambah nikmat saat bersantap gudeg. harganya juga cukup terjangkau yakni Rp13 ribu saja per porsinya.

Lokasi: Jalan Karangmojo-Wonosari KM 4.5 Ngricik Wiladeg, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul

3. RM Bu Sudar

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya LegitRM Bu Sudar (Instagram.com/travelmagzgo)

Rumah Makan Bu Sudar merupakan tempat makan gudeg di Gunungkidul yang cukup digemari. Selain tempatnya luas dan bersih, gudeg ini menyediakan lauk komplit seperti ayam, telur pindang, jeroan serta sayur tambahan seperti krecek yang menambah lezatnya gudeg khas Jogja ini.

Selain gudeg, rumah makan jawa ini memiliki menu sayur lain serta aneka jajan pasar  yang banyak jenisnya. RM Bu Sudar buka dari jam 05.00-16.00 WIB, lho. 

Lokasi: Jalan Taman Bakti, Jeruksari, Wonosari, Gunungkidul

Baca Juga: 8 Kuliner Jogja Rekomendasi Mgdalenaf, Banyak yang Hits

4. Nasi Gudeg Bu Rupiyah

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya LegitNasi gudeg Bu Rupiyah (google.com/maps/nasigudegburupiyah)

Masih cukup sederhana namun cukup mudah dijangkau, Gudeg Bu Rupiyah salah satu gudeg di Gunungkidul yang bisa kamu coba saat ke sana. Rasa gudeg keringnya cukup lezat dengan lauk khasnya berupa telur pindang dan sayur krecek, makin terasa mantap di lidah. 

Jam buka warung sederhana ini cukup lama mulai dari jam 04.30-01.00 WIB, cocok banget bagi yang mencari tempat sarapan maupun kuliner malam. 

Lokasi: Jalan Brigjend Katamso, Purbosari, Wonosari, Gunungkidul

5. Rumah makan Pak Kirun

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya LegitRumah Makan Pak Kirun(instagram.com/bambangp_homietourtravel

Tempat makan gudeg lainnya di Gunungkidul adalah Rumah Makan Jawa Pak Kirun. Tempatnya luas, jenis makanannya banyak dan sering menjadi tujuan rombongan wisatawan yang liburan ke Gunungkidul. Menunya banyak dan harganya cukup terjangkau.

Tersedia juga spot lesehan yang cukup nyaman untuk bersantai dan menyantap hidangan. Namun sayangnya bila di siang hari akan terasa panas karena atapnya masih menggunakan seng. 

Lokasi: Purbosari, Wonosari, Gunungkidul

6. Gudeg Mbah Harto

6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya LegitGudeg Mbah Harto (google.com/maps/bambangseptian)

Gudeg lezat lainnya di Gunungkidul adalah milik Mbah Harto. Lokasinya memang berada di tengah desa, namun rasa gudeg ini banyak membuat orang ketagihan. Bahkan ada yang rela datang dari luar kota untuk mencicipi legitnya rasa gudeg Mbah Harto ini. Buka 24 jam, gudeg Mbah Harto bisa kamu nikmati siang maupun malam, lho. 

Lokasi: Blimbing, Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul

Meski tak sepopuler gudeg di Kota Yogyakarta. Gudeg tetap diburu dan dicari banyak wisatawan yang sedang ada di Gunungkidul. Rasanya enak tak kalah nikmat, kok. Yuk, mampir! 

Baca Juga: 5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidul

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya