Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di Yogyakarta

Sambalnya bikin ketagihan!

Makan tanpa sambal rasanya ada yang kurang. Makanya, tak jarang orang-orang mencari tempat makan yang memiliki racikan sambal enak dan bikin ketagihan. Tak hanya pedasnya yang terasa, namun sedapnya aneka sambal yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah tempat makan.

Nah, di bawah ini ada 7 rekomendasi restoran dengan sambal enak di Yogyakarta. Dijamin pedasnya nampol!

1. Waroeng Spesial Sambal (SS)

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/waroengss

Waroeng Spesial Sambal (SS) memang sudah terkenal karena membuka cukup banyak cabang di berbagai daerah termasuk Yogyakarta. Restoran yang satu ini menyajikan tempat yang luas sehingga tak jarang digunakan untuk tempat makan bersama.  Sajian menunya terbilang banyak dengan menu nusantara yang ramah di lidah masyarakat Indonesia.

Belum lagi sambalnya yang ada berbagai macam bisa menjadi pilihan bagi kamu yang suka pedas dan ingin merasakan aneka variasi sambal seperti sambal bajak, sambal teri, sambal belut, dan masih banyak lagi.

Harga lauk yang ditawarkan berkisar antara Rp4 ribu sampai Rp35 ribu, sedangkan harga sambalnya antara Rp2 ribu sampai Rp7,5 ribu, dan harga minumannya berkisar antara Rp1 ribu sampai Rp11 ribu.

SS bisa ditemui berbagai cabangnya di Yogyakarta mulai dari wilayah Kota Yogyakarta, Sleman, hingga Bantul. Karena pengunjungnya sering ramai, kamu harus bersiap untuk mengantre tempat yang kosong atau menunggu makanan yang disajikan sedikit lebih lama.

2. Penyetan Mas Kobis

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/penyetanmaskobis

Buat yang tahan pedas maka Penyetan Mas Kobis bisa menjadi favoritmu. Makan di sini kamu bisa meminta berapa saja jumlah cabai yang akan dijadikan sambal penyet. Sambal semakin menyatu dengan aneka lauk yang disajikan seperti ayam, lele, jeroan, hingga telur goreng yang digeprek menjadi satu dengan sambal. Jangan lupa nikmati kobis goreng yang menjadi ciri khas tempat makan ini.

Harga yang diberikan pun tergolong ramah di kantung mahasiswa, mulai nasi tempe seharga Rp5 ribu hingga nasi nila seharga Rp14 ribu. Penyetan Mas Kobis memiliki cukup banyak cabang di kawasan Sleman dan Kota Yogyakarta.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di Yogyakarta

3. Sambal Mentah Bu Saring

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/voilajogja

Buat kamu penyuka sambal mentah, maka di sini tempat yang cocok. Sambal yang recommended adalah sambal tomat mentah dan sambal bawangnya. Selain itu sajian ayam goreng ayam dan ayam bakarnya juga enak, belum lagi jeroan yang digoreng kering cocok dipadukan dengan sambal yang pedas.

Baik tempat makan dan tempat parkirnya pun sama-sama luas sehingga kamu tak usah khawatir jika makan ke sini bersama keluarga atau teman. Harga makanannya mulai Rp5 ribu sampai Rp25 ribu saja. Sambal Mentah Bu Saring bisa kamu temui di Jl. Hayam Wuruk No. 39B, Danurejan, Kota Yogyakarta. 

4. Lombok Idjo

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/lombok_idjo_official

Meskipun namanya lombok idjo, namun ada beberapa jenis sambal lain yang bisa kamu pesan di sini. Mulai dari sambal terasi, sambal bawang, hingga sambal matah semuanya cocok untuk melengkapi makanan khas Jawa yang disajikan di sini. Selain itu tempat makan yang bersih dengan smoking area, dan tempat parkir luas juga bisa kamu dapatkan di sini. Kekurangannya beberapa menu terkadang cukup lama disajikan. 

Sedangkan untuk harga, menu ayam harganya mulai Rp17,5 ribu, menu ikan mulai Rp9 ribu, dan menu sapi mulai Rp21 ribu. Lombok Idjo di Yogyakarta terdapat dua cabang, yaitu di Jl. Pangeran Diponegoro, dan Jl. Laksda Adisucipto.

5. Sambal Bawang Bu Santi

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/ceritamakan

Restoran yang satu ini terkenal akan sambal bawangnya yang pedas dan enak sejak dulu, sehingga termasuk restoran sambal yang legendaris bagi masyarakat Yogyakarta. Selain sambal bawangnya yang spesial, menu nasi uduk dan aneka lauk seperti ayam, nila, tempe, hingga telur menggugah selera.

Harga nasi ayam lengkap dengan lalapan dan sambal dibanderol dengan harga Rp21 ribu, sedangkan nasi lele Rp19 ribu, dan nasi bandeng Rp32 ribu. Meskipun harga yang relatif lebih mahal dibandingkan tempat makan sejenis, namun kamu tetap wajib coba karena rasa makanannya dan sambalnya sesuai dengan harganya. Sambal Bawang Bu Santi bisa kamu temui di Jl. Babarsari, Caturtunggal, Sleman.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pempek Lezat di Yogyakarta, Cocok Buat Camilan Bersantai

6. Sambal Korek Pak Topo

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/sambalkorekpaktopo

Sambal korek yang terbuat dari cabai rawit memang nampol rasanya, dan salah satu restoran yang spesial sambal koreknya adalah Sambal Korek Pak Topo. Di sini juga disajikan aneka menu seperti ayam goreng, jamur, tempe, tahu, ati ampela, lele, hingga nila.

Uniknya, para karyawan di sini jika ada azan berkumandang mereka akan langsung meninggalkan restoran untuk melakukan ibadah salat berjamaah di masjid, tak peduli sedang ada atau tidak ada pengunjung. Mereka seolah tak khawatir jika pengunjung yang belum membayar tiba-tiba pergi dari restoran tanpa membayar. Namun bagi pengunjung yang sudah sering makan di sini akan membayar duluan sebelum para karyawan pergi karena sudah hafal dengan kebiasaan ini.

Sambal Korek Pak Topo terletak di kawasan Klebengan dan Jl. Gito Gati. Sedangkan untuk harga menu paketan mulai Rp13 ribu sampai Rp17 ribu saja sudah termasuk nasi, lauk, sambal, minuman dan menu pelengkap seperti jamur, terong, tahu, tempe, atau kremesan.

7. Sego Sambel Surabaya Iwak Pe

Rekomendasi 7 Tempat Makan dengan Sambal Paling Nampol di YogyakartaInstagram.com/segosambelsurabayaiwakpe

Buat penyuka sambal pedas ala Surabaya kamu wajib cobain Sego Sambel Surabaya Iwak Pe. Sambalnya memang nampol pedasnya, dan dipadukan dengan aneka lauk seperti tahu, tempe, telur dadar, ayam, ikan tuna, dan ikan pari atau disebut juga dengan iwak pe.

Harga paketan yang ditawarkan mulai Rp18 ribu sampai Rp21 ribu dengan pilihan sambal pedas atau pedas manis. Sego Sambel Surabaya Iwak Pe bisa dikunjungi di Jl. Seturan Raya, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah 7 rekomendasi restoran dan rumah makan dengan menu sambal yang paling nampol di lidah. Bagi kamu pecinta pedas bisa cobain aneka restoran di Yogyakarta ini, ya.

Baca Juga: Buat Pencinta Daging, Ini 5 Rekomendasi Tongseng Lezat di Yogyakarta

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya