Comscore Tracker

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa Yogyakarta

Cocok di kantong anak kost

Cari sarapan di Yogyakarta itu gak susah, lho. Apalagi yang lokasinya di sekitar kampus. Banyak banget tempat sarapan enak dan murah di sekitar kampus-kampus Yogyakarta yang jadi andalan para mahasiswa sebelum memulai aktivitas kuliah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar menu sarapan beserta lokasinya yang jadi andalan anak kampus alias mahasiswa di Yogyakarta.

1. Gudeg

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/gastronomy.aficionado

Sarapan andalan pertama adalah gudeg. Enak dan tersebar di mana saja, gudeg jadi pilihan sarapan sebelum memulai aktivitas kuliah.

Salah satu pilihannya yakni di warung Mbah Lindu. Gudeg yang berlokasi di Jalan Sosrowijayan ini dijual mulai dari harga Rp20 ribu. Murah dan lauknya lengkap!

2. Soto ayam

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/jogjabikinlaper

Selain gudeg, setiap pagi kamu pasti terbiasa melihat penjual soto berjualan di sudut-sudut kota Yogyakarta. Pasalnya, makanan ini memang jadi andalan sarapan sejuta umat, apalagi anak kampus yang duitnya mepet di akhir bulan.

Salah satu warung soto andalannya yakni Soto Ayam Pak Dalbe yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. Buka mulai pukul 6 pagi, kamu bisa menikmati semangkuk soto dengan harga Rp10 ribu saja.

3. Bubur ayam

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/voilajogja

Gak cuma di Jakarta, bubur ayam juga menjadi menu favorit sarapan di Yogya. Warung Syarifah, salah satu bubur ayam yang bisa diandalkan para mahasiswa di Yogya.

Bubur di warung ini terkenal murah dan porsinya pas banget untuk sarapan. Mulai dari Rp5.000 sampai Rp11 ribu, kamu bisa menikmati semangkuk bubur lengkap.

4. Lontong sayur

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/streetfoodstories

Lontong sayur bisa bikin kenyang karena isinya terdiri dari lontong, telur, sayur nangka, serta kerupuk. Salah satu warung lontong sayur yang terkenal adalah Uda Uni. Berlokasi di Stadion Mandala Krida, kamu cuma perlu mengeluarkan kocek Rp7.000 untuk menikmati seporsi lontong sayur dengan cita rasa pedas gurih ini.

Baca Juga: 9 Kreasi Telur Dadar Unik, Bikin Sarapan Makin Menyenangkan

5. Nasi sarden

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/e_ndro

Anak kampus Yogyakarta pasti akrab dengan warung burjo. Selain jualan bubur kacang ijo serta mie goreng dan kuah, warung burjo biasanya menjual nasi sarden. Dijamin kenyang hanya dengan membayar Rp8.000 saja. Gak terlalu bergizi sih, tapi buat mengganjal perut sih cocok banget.

6. Nasi kebuli

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/jogjafooddestinations

Satu yang khas dari menu sarapan anak kampus Yogyakarta adalah nasi kebuli. Gak asli Yogya sih, tapi menu sarapan ini biasanya jadi andalan kala bosan dengan menu soto atau gudeg.

Dijual di pinggir jalan, salah satu penjual nasi kebuli yang terkenal adalah Mas Hamid. Harganya mulai Rp10 ribu. Kamu bisa menemukannya di Jalan Kaliurang KM 5 atau seberang Dunkin' Donuts.

7. Wedang tahu

Murah dan Bergizi, 7 Menu Sarapan Khas Mahasiswa YogyakartaInstagram.com/jogjafooddestinations

Terakhir ada wedang tahu yang jadi andalan anak kampus Yogya buat sarapan. Sehat dan segar, minuman ini sangat pas buat yang gak suka terlalu kenyang.

Harga per porsinya cuma Rp6.000 saja. Kamu bisa menemukan penjual wedang tahu di berbagai sudut Kota Pelajar ini. Salah satunya di perempatan Jalan Asem Gedhe.

Nah, itulah beberapa menu sarapan andalan anak kampus Yogyakarta. Murah dan enak, dijamin kenyang banget deh! Kamu biasanya sarapan apa nih?

Baca Juga: 10 Menu Sarapan Enak ala Selebriti Dunia, Lebih Sehat dan Produktif

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya