6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan Nagih

Makan daging kelinci banyak manfaatnya, lho

Sudah ada rencana makan apa nanti? Kalau masih bingung, kamu bisa mencoba makan sate kelinci di Jogja yang dagingnya terkenal lembut, tapi bumbunya tetap meresap sampai ke dalam. 

Mengonsumsi daging kelinci tidak hanya lezat, tapi juga baik untuk kesehatan jantung, memperkuat tulang dan gigi, sampai mengurangi risiko anemia, lho! Nah, biar gak penasaran lagi soal rasanya, yuk, simak rekomendasi tempat makannya berikut ini!

1. Sate Kelinci Mbah Ganis

6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan NagihWarung Makan Mbah Ganis (instagram.com/papimahesa)

Kalau ke Jogja, jangan lupa mampir ke Sate Kelinci Mbah Ganis. Sangat populer di kalangan wisatawan, bahkan jadi destinasi wajib buat sebagian orang kalau datang ke Jogja.

Berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Tlogo Putri, Kaliurang, bisa jadi tempat bersantap dan mengisi tenaga selepas main. Restorannya juga estetik serba kayu yang bikin betah. Untuk menunya sendiri tak cuma olahan kelinci, tapi ada juga olahan kambing dan ayam. 

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 07.00-02.00 WIB

2. Sate Kelinci Jati Mataram

6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan NagihSate Kelinci Jati Mataram (google.com/maps/Nur Hadi)

Tidak jauh dari Selokan Mataram, ada warung mungil yang menjajakan olahan kelinci di Jogja, Sate Kelinci Jati Mataram, namanya. Meski mungil, pelanggannya hilir datang dan pergi, bikin makin yakin kalau rasanya memang nikmat. 

Tak hanya sate, di sini kamu juga bisa mencoba tongseng dan tengkleng kelinci yang berkuah kental, dan bercita rasa pedas sedikit manis. Harganya tak mahal, yakni Rp15 ribu untuk satenya. 

Alamat: Jalan Selokan Mataram Nomor 53, Kutu Dukuh, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Minggu libur, buka pukul 15.00-22.30 WIB

3. Sate Kelinci Pak Yanto

6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan NagihSate Kelinci Pak Yanto (google.com/maps/Ulil 'Azmi)

Demi makan sate kelinci enak, tak masalah 'kan kalau harus ke Kabupaten Bantul? Sebab, di sana ada warung Sate Kelinci Pak Yanto yang terkenal empuk juga nasinya yang ambil sendiri. Jadi, bisa sesuai dengan porsimu!

Sate kelinci di sini dimasak sederhana dengan bumbu sambal kecap, jadi rasanya dominan manis. Kalau ingin pedas, kamu bisa minta tambah irisan cabai atau lada. Dan kalau beruntung, kamu bisa menjajal otak kelinci yang lembut lagi gurih. 

Alamat: Bejen, Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00 WIB

Baca Juga: 9 Tempat Makan Mie Ayam Goreng di Jogja, Favorit buat Dicoba

4. Sate Kelinci Djimsan

6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan NagihSate Kelinci Djimsan (instagram.com/satekelincidjimsan)

Udara kawasan Kaliurang yang sejuk, memang paling pas ditemani dengan seporsi sate kelinci. Di Jalan Kaliurang sendiri ada Sate Kelinci Djimsan yang sudah cukup populer di Jogja. Tempatnya luas dan rapi, cocok juga buat tempat makan bareng keluarga atau teman kerja. 

Tidak hanya ada sate, tapi juga olahan kelinci lainnya seperti tengkleng, tongseng, dan yang terunik adalah nasi goreng. Harganua berkisar Rp30 ribuan, tapi cukup sesuai dengan porsinya yang memang banyak dan potongan dagingnya yang besar. 

Alamat: Jalan Kaliurang Km 19, Area Sawah, Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-21.00 WIB 

5. Sate Kelinci Pak Waldi

6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan NagihSate Kelinci Pak Waldi (instagram.com/satekelincikregolan_pakwaldi)

Sate Kelinci Pak Waldi lokasinya memang agak sembunyi di tengah perkampungan, tapi tetap mudah ditemukan. Tempatnya luas dengan gaya Jawa tradisional, nyaman, juga tersedia tempat parkir yang luas. 

Nah, kalau biasanya sate kelinci dinikmati dengan sambal kecap, di sini dihidangkan bersama bumbu kacang yang kental. Kalau suka yang pedas, ada menu rica-rica kelinci dengan nasi yang bisa ambil sendiri. 

Alamat: Kampung Kregolan RT.2, RW.13, Margomulyo, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Setiap hari, buka pukul 08.00-18.00 WIB

6. Sate Kelinci Pak Raji

6 Tempat Makan Sate Kelinci di Jogja, Dagingnya Lembut dan NagihSate Kelinci Pak Raji (google.com/maps/Yudha Adidana)

Sate Kelinci Pak Raji terbilang legendaris di Jogja, malah salah satu pionir sate kelinci di kawasan Jalan Kaliurang. Sudah buka sejak tahun 1973 dan bertahan sampai sekarang, rasa dan tekstur Sate Kelinci Pak Raji tak perlu diragukan lagi. 

Alih-alih pakai nasi, sate kelinci di sini disantap dengan potongan lontong yang padat. Kalau mau pedas, bisa tambahkan potongan cabai juga bawang merah. Warungnya sendiri luas, bisa jadi sekalian tempat istirahat selepas main di Kaliurang. 

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 24, Ngipiksari, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-03.00 WIB

Peminat sate kelinci di Jogja memang belum sebanyak kambing atau ayam. Kebanyakan orang enggan makan karena tak tega makan karena kelinci adalah hewan yang menggemaskan. Namun sesekali mencoba, tak ada salahnya kok. Apalagi rasanya nikmat, sayang kalau tak makan!

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Legendaris di Jogja, Terkenal Nikmatnya

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya