Comscore Tracker

5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya Lengkap

Ada yang bagi-bagi takjil gratis juga, lho!

Berburu takjil menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan saat bulan Ramadan. Ada banyak pasar dadakan yang buka sore sampai malam yang menjajakan aneka makanan dan minuman yang saat hari biasa, mungkin akan sulit ditemukan. Seperti 5 tempat berburu takjil di Yogyakarta berikut, pilihan jajanannya lengkap dan harganya ramah di kantong!

Di beberapa tempat mencari takjil di Yogyakarta, bahkan ada yang tersedia gratis, loh. Cocok banget untuk mahasiswa rantau atau musafir yang butuh makanan untuk berbuka puasa. Yuk, catat di mana saja lokasinya dan jangan lupa ajak temanmu untuk berburu makanan khas Ramadan, ya!

1. Masjid Jogokariyan

5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya LengkapMasjid Jogokariyan (instagram.com/masjidjogokariyan)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Masjid Jogokariyan ini selalu mengadakan buka puasa bersama saat bulan Ramadan. Tak hanya untuk warga sekitar saja, tapi menerima juga untuk jamaah luar masjid. Hebatnya lagi, panitia di Masjid Jogokariyan bisa menyiapkan takjil sebanyak 2.500 sampai 3.000 porsi, loh. 

Meskipun takjil ini dibagikan gratis, menu yang ditawarkan oleh panitia enak-enak dan beragam banget. Mulai dari nasi rames sampai nasi gudeg, dijamin kenyang karena porsinya pun cukup banyak. Kapan lagi ‘kan bisa buka puasa gratis, tapi tetap tak melupakan salat setelahnya?

2. Pasar Sore Jogokariyan

5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya Lengkappasar sore jogokariyan (instagram.com/ja_far212)

Tak jauh dari Masjid Jogokariyan, ada pasar tiban atau pasar sore Jogokariyan yang isinya adalah pedagang takjil. Jumlahnya tidak hanya sepuluh atau dua puluh, tapi lebih dari 150 pedagang buka lapak di sini! Mereka menjajakan aneka minuman khas bulan Ramadan seperti kolak, es buah, sampak es kopyor yang pastinya bikin dingin tenggorokan. 

Cari lauk makan untuk berbuka sampai sahur juga ada. Pepes ikan, ayam goreng, sampai aneka sayur seperti lodeh, soto, dan menu siap santap lainnya bisa dibeli di sini. Mulai dari harga seribu, kamu sudah bisa dapat takjil enak di Pasar Sore Jogokariyan. 

Baca Juga: 7 Promo Buka Puasa di Hotel Jogja, Banyak Hidangan All U Can Eat

3. Pasar Sore Kauman

5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya Lengkappasar sore kauman (instagram.com/gembulfoodie)

Berlokasi tidak jauh dari Malioboro, ada Pasar Sore Kauman yang juga layak diincar oleh para pemburu takjil, nih. Meski harus bersempit-sempit karena ada di dalam gang, kelelahanmu terbayar lunas dengan pemandangan makanan dan minuman yang bikin ngiler dari meja-meja penjaja takjil di Pasar Sore Kauman ini. 

Ada salah satu kudapan khas Pasar Sore Kauman yang paling banyak diburu, namanya kicak. Kabarnya, kicak sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 1970-an dan tetap banyak dicari sampai sekarang. Kicak sendiri adalah makanan berbahan ketan dan nangka yang rasanya manis legit. Kamu sudah pernah coba? 

4. Alun-alun Kidul

5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya Lengkapalun-alun kidul (instagram.com/updesigns_)

Alun-alun kidul Yogyakarta mungkin tidak hanya buka saat Ramadan, tapi tempat yang satu ini juga bisa jadi referensi berburu takjil di Yogyakarta yang gak kalah seru. Deretan penjual makanan seperti tempura, bakso tusuk, sampai mi ayam bisa jadi pilihan mengisi perut yang keroncongan setelah seharian berpuasa. 

Nah, jika ke Alun-alun Kidul kamu juga bisa sekalian ngabuburit, loh. Sewa becak warna-warni dan menaikinya dengan orang tersayang, pasti seru dan tak terlupakan. Bisa juga kamu olahraga ringan seperti joging atau bersepeda sambil menunggu beduk buka. 

5. Pasar Ramadan Jalur Gaza

5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya LengkapPasae Ramadan Jalur Gaza (instagram.com/gembulfoodie)

Berada di Nitikan, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pasar Ramadan Jalur Gaza juga tidak kalah ramai, loh. Apa saja yang kamu mau, di sini pasti ada! Gorengan yang dibeli dalam keadaan panas, pecel sayur yang rasanya pedas, sampai aneka jajan kekinian seperti sosis bakar pun tersedia. 

Nah, apabila kamu berminat berburu takjil di Pasar Ramadan Jalur Gaza, hindari datang mepet jam berbuka puasa ya. Lokasinya yang dipinggir jalan sering menimbulkan sedikit kemacetan, kamu pastinya tidak mau buka puasa di jalan ‘kan?

Sejatinya ada banyak tempat berburu takjil di Yogyakarta. Banyak tempat mendadak jadi pasar Ramadan yang kiri kanannya banyak orang berjualan. Bahkan ada juga loh yang mengadakan bagi-bagi takjil gratis di beberapa titik jalan. Kalau kamu, paling ingin jajan di mana nih? 

Baca Juga: 5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya