Comscore Tracker

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluarga

Yang penasaran rasa masakan khas Sunda, yuk merapat!

Sebagai kota kuliner, gak akan sulit untuk menemukan restoran Sunda di Yogyakarta. 
Selain jadi tujuan tempat makan, restoran khas Sunda sering menjadi venue berbagai acara seperti pernikahan, syukuran wisuda, sampai arisan.

Dijamin kamu gak akan kesulitan menemukannya di Yogakarta, ini daftar 6 restoran Sunda yang bisa masuk list referensi tempat makanmu.

1. Lalawuh Sunda

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluargalalawuh sunda (instagram.com/lalawuhsunda)

Berkonsep garden restaurant, Lalawuh Sunda punya tempat yang sejuk dan luas. Restoran ini selalu ramai, apalagi saat weekend sebagai tempat makan bersama keluarga atau arisan dan rapat. 

Menu spesial di Lalawuh Sunda adalah nasi liwet yang disajikan di ketel. Rasanya autentik dengan berbagai lauk pendamping yang enak. Nah, jika makan beramai-ramai ada pilihan menu paket dengan berbagai pilihan harga. 

Alamat: Jalan Rogoyudan 1 Nomor 1, Rogoyudan, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB

2. Restoran Bumbu Desa

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluargarestoran bumbu desa (instagram.com/jogjafoodzen)

Restoran Bumbu Desa sudah buka sejak tahun 2008 sebagai cabang ke-12. Tempat makan ini menyediakan menu makanan khas desa, sederhana, tapi memiliki rasa yang mampu menggoyang lidah. 

Soal menu andalan, kamu sebaiknya menjajal gurami cobek pedas dengan porsi yang pas. Lalu untuk minuman, ada es goyobod yang merupakan minuman khas Sunda. Sudah pernah coba?

Alamat: Jalan Kartini Nomor 8, Terban, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00-21.00 WIB

Baca Juga: 8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga Gudeg

3. Gubug Mang Engking

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng KeluargaGubug Mang Engking (instagram.com/mangengkingdiy)

Jadi salah satu restoran Sunda yang paling populer, pesona Gubug Mang Engking bukan hanya soal makanannya yang nikmat, tapi tempatnya yang luas, yaitu terdapat wahana bermain anak. Gubug Mang Engking tak hanya cocok buat orang dewasa, anak-anak pun pasti suka. 

Menu utama Mang Engking didominasi seafood seperti udang, cumi, dan kepiting yang dimasak dengan bumbu khas Sunda. Soal harga kamu gak perlu khawatir, karena ada harga ada rasa!

Alamat: Jalan Soragan Nomor 13, Kembang, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00-21.00 WIB

4. Ikan Bakar Cianjur

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluargaikan bakar cianjur (instagram.com/ikanbakarcianjur)

Sesuai namanya, restoran Ikan Bakar Cianjur berasal dari Cianjur. Selain buka cabang di Yogyakarta, restoran Ikan Bakar Cianjur juga bisa kamu temui di kota lain seperti Surabaya, Semarang, dan Bali. Dan seperti kota lainnya, menu utama yang ditawarkan adalah aneka olahan ikan mulai dari dibuat sup sampai dibakar. 

Untuk cabang di Yogyakarta, restoran Ikan Bakar Cianjur punya desain yang homy banget. Saat menyantap makanan di tempat ini, kamu akan dihibur dengan iringan lagu Sunda yang bikin suasana makin syahdu. 

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar Nomor 23, Mudal, Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00-21.00 WIB

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Seafood di Jogja, Rasanya Mantul!

5. Cimoll Resto Jogja

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluargacimoll resto Jogja (instagram.com/pipitcimollresto)

Membahas restoran Sunda di Yogyakarta, gak lengkap tanpa menyebut Cimoll Resto. Punya beberapa cabang seperti di kawasan Timoho dan Tiyasan, masing-masing tempat menawarkan konsep yang sederhana, dengan lahan yang luas. Gak heran tempat ini sering dipilih untuk menggelar pesta ulang tahun atau syukuran wisuda. 

Menu yang wajib kamu coba di sini adalah gurami asam manis. Ada juga yang disajikan yang pedas tapi segar kemudian rujak khas Bandung dan karedok. Harga makanan di Cimoll Resto Jogja terbilang murah meriah, jadi makan enak gak perlu deg-degan!

Alamat: Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00-21.00 WIB

6. Rumah Makan Ajam Goreng Lombok Idjo

6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluargaajam goreng lombok idjo (instagram.com/lombok_idjo_official)

Rumah Makan Ajam Goreng Lombok Idjo, merupakan rumah makan khas Sunda yang yang terkenal dengan sajian ayam goreng rempah, sambal lombok ijo, plus lalapan serba segar. 

Gak hanya ayam goreng saja yang enak, tapi ada juga gurami bumbu lotis yang rasanya sedikit asam, pedas, dan nikmat disantap dengan nasi hangat. Kalau mau makan di sini bersama teman atau keluarga, gak perlu khawatir karena tempat dan parkiran sanagat luas. 

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto Nomor 22, Demangan, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-22.00 WIB

Gak perlu bingung lagi kan jika ingin menyantap makanan autentik restoran Sunda di Yogyakarta. Sebanyak enam tempat makan di atas menawarkan beragam menu, lengkap dengan suasana yang mendukung dan tempat luas. Yuk makan!

Baca Juga: Entok Slenget Kang Tahir, Kuliner Pedas di Sleman Wajib Dicoba!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya