Comscore Tracker

Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja 

Bisa jadi rekomendasi tempat minum kopi dan makan bakmi Jawa di Jogja

Saat ini coffee shop tak hanya untuk menyesap minuman, tapi sudah berubah menjadi tempat nongkrong sekaligus bekerja dan mencicipi makanan. Seperti salah satu kafe dekat Keraton Jogja, namanya Gandhok Coffee. 

Setiap pagi sampai siang, kamu akan menemukan anak muda larut di hadapan laptop sambil meneguk minuman atau melahap pesanannya. Namun saat menjelang malam, vibes kafe akan sedikit tergeser karena aroma bakmi Jawa yang mendadak menguar. 

1. Berlokasi di dalam Keraton Jogja, gak sulit untuk menemukannya

Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja Gandhok Coffee (IDN Times/Dyar Ayu)

Gandhok Coffee menjadi salah satu rekomendasi kafe dekat Keraton Jogja. Tempat ini mempunyai konsep yang unik dengan perpaduan tradisional dan modern. Alamatnya yaitu di Jalan Nogosari Lor Nomor 10, Kadipaten, Kapanewon Kraton, Kota Yogyakarta. 

Tempatnya yang berada di keraton, maka dari simpang empat Titik Nol Kilometer hanya menempuh perjalanan 5 menit saja menggunakan sepeda motor. 

2. Jam buka dan suasana di Gandhok Coffee

Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja Outdoor di Gandhok Coffee (instagram.com/bakmigandhok)

Meskipun berada di area perumahan padat penduduk, kamu gak perlu khawatir berisik karena daerah ini cukup sunyi. Apalagi kalau datang saat pagi, suasananya sejuk dan enak buat menyelesaikan tugas kampus atau kerja dari kafe. 

Gandhok Coffee buka dari pukul 08.00-22.00 WIB setiap harinya. Saran, kalau datang pagi lebih baik duduk di area pendapa atau outdoor yang berada di belakang. Selain lebih tenang, suasananya juga mendukung untuk lebih produktif. 

Namun kalau memang lebih suka di dalam ruangan, suasananya gak kalah asyik. Kamu akan dihibur sayup-sayup lagu yang diputar oleh barista. Well, jika memang ingin nongkrong bareng teman atau makan santai dengan pasangan, datang saat sore lebih menyenangkan karena akan lebih ramai dan hangat. 

Baca Juga: 5 Kafe di Jogja yang Pajang Karya Seni, Serasa di Museum!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop di Kulon Progo, Cocok Buat Nongkrong 

3. Fasilitas di Gandhok Coffee

Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja fasilitas di Gandhok Coffee (instagram.com/gandhokcoffee)

Gak hanya menyediakan makanan dan minuman yang enak, Gandhok Coffee punya fasilitas yang oke banget. Selain koneksi internet cepat yang dibutuhkan pekerja dan mahasiswa, ada banyak stop kontak yang bisa digunakan buat mengisi daya laptop atau ponsel. 

Jangan khawatir kalau tiba-tiba ingin buang air kecil karena di sini kamar mandinya bersih dan tentu saja wangi. Disediakan juga sebuah musala kecil yang teduh, jadi bikin makin betah. 

Sayangnya Gandhok Coffee tidak memiliki tempat parkir yang besar untuk menampung kendaraan roda empat. Apalagi saat sore, di mana pengunjung sedang ramai-ramainya, maka agak susah untuk parkir kendaraan. 

4. Kopi dan menu makanan di Gandhok Coffee

Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja aneka pastry di Gandhok Coffee (IDN Times/Dyar Ayu)

Ada banyak menu makanan di sini mulai dari yang ringan buat pengganjal lapar, sampai yang berat untuk pengisi perut. Ingin makanan yang ringan, kamu bisa memilih croissant, tahu gandhok, cireng gigit, dan lain-lain. Kalau mau yang manis, ada cheesecake yang secara personal rasanya gak kalah dengan toko kue ternama. 

Jika pengin makan berat, ada penne bologna, mac and cheese, ayam gigit wangi, dan lainnya. Cocok banget untuk disandingkan dengan segelas kopi yang ditawarkan dengan beragam varian. Misalnya americano, lemoricano, atau yang manis legit kesukaan semua orang, nogosari.

Namun kalau kamu gak terlalu suka kopi atau baru mengurangi kafein, menu minuman lain siap membasahi tenggorokanmu. Ada kombucha aneka rasa yang kalau dinikmati dingin jadi lebih enak, atau bisa juga kamu memesan smoothie yang lebih sehat. 

Baca Juga: 7 Kafe di Kotabaru Jogja yang Hits, Nyaman dan Instagramable

5. Bakmi Gandhok

Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja bakmi gandhok (instagram.com/bakmigandhok)

Selain menyesap segelas kopi atau makan camilan, kamu juga bisa makan bakmi Jawa ala Gandhok. Seperti warung bakmi kebanyakan, di sini menawarkan bakmi goreng, bakmi rebus, magelangan, sampai rica-rica balungan. 

Dimasak dengan arang secara tradisional, bikin rasa bakmi di sini cukup khas dan gurih abis! Jadi jangan heran kalau setiap sore kamu akan menemui keluarga sampai rombongan teman kerja yang reservasi untuk mencicipi Bakmi Gandhok. 

Bisa dibilang Gandhok Coffee ini mempunyai paket lengkap. Fasilitas keren, makanan enak, dan harga makanan juga hemat berkisar Rp20 ribuan yang tentu gak terlalu mencekik. Mau mampir buat minum kopi atau makan bakmi, boleh banget. Jangan lupa ajak kesayangan juga ya!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya