Comscore Tracker

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin Ngiler

Ada bakso dan burger babi

Yogyakarta terkenal dengan kulinernya yang sangat beragam. Mau yang pedas, terdapat oseng mercon. JIka ingin yang segar dan menyehatkan, wedang uwuh dna ronde menjadi alternatifnya.

Semua menu makanan bisa didapat dengan mudah termasuk kuliner babi di Yogyakarta. Menu bakso babi hingga nasi goreng tersedia. Kamu merupakan penikmat babi? Jika ya, yuk coba mampir cicipi menikmati masakan di 7 warung di bawah ini. 

1. Pothz

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin Ngilerbakso babi pothz (inatagram.com/voilajogja)

Bakso adalah makanan yang paling untuk dinikmati kapan pun. Salah satunya menu bakso babi bisa kamu temukan di Pothz, yang terkenal dengan olahan babi yang gak biasa. 

Selain dibuat bakso berkuah segar, di sini kamu juga bisa menikmati burger babi, porchetta ala Italia, dan babi krispi sambal matah. Nah, karena menunya yang kekinian, Pothz sering jadi tujuan mahasiswa buat makan siang

Alamat: Jalan STM Pembangunan Nomor 14, Santren, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari buka mulai pukul 10.00-20.00 WIB

2. Warung Bu Komang

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin NgilerWarung Bu Komang (instagram.com/kelaperan.terus)

Buka sejak tahun 2002, Warung Bu Komang adalah salah satu warung babi yang populer di Yogyakarta. Berlokasi di kawasan Banguntapan, tak terlalu jauh dari pusat kota. 

Warung ini menyediakan olahan babi yang dimasak khas Bali. Menu andalannya adalah babi guling. Gak hanya makanannya saja yang dibuat otentik, tapi tempatnya juga dibangun semirip mungkin dengan cabang aslinya, Bali. 

Alamat: Jalan Sorowajan Nomor 201, Jomblangan, Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari mulai 09.00-21.00 WIB

Baca Juga: 7 Kafe di Kotabaru Jogja yang Hits, Nyaman dan Instagramable

3. Sate babi dan bakmoi Ketandan

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin Ngilersate babi dan bakmoy ketandan (instagram.com/voilajogja)

Mencari kuliner non-halal yang gak jauh dari Malioboro? Ada sate babi dan bakmoi Ketandan yang sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu. Tempatnya gak mewah, bahkan hanya kaki lima. Tapi jangan salah, pelanggannya selalu setia menunggu bahkan sebelum warung ini siap untuk dibuka. 

Menu yang dijajakan mulai bakso, sate, dan bakmoi. Khusus sate baru dibakar saat ada yang pesan, jadi dijamin masih hangat saat disajikan. Yummy!

Alamat: Jalan Ketandan Kulon, Ngupasan, Malioboro (samping Toko Ramayana)

Jam operasional: setiap hari buka mulai pukul 18.00-21.00 WIB

4. Bima Kroda

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin NgilerBima Kroda (instagram.com/mulutmisterius)

Pengin cari nasi campur yang gak mahal tapi porsinya bikin kenyang, kamu bisa langsung ke Bima Kronda. Tempat ini menyediakan olahan babi yang didominasi masakan khas Bali. Selain ada nasi campur, ada juga babi guling, dan nasi babi sambal matah. 

Ingin menjajal menu lain? Nah, di Bima Kronda juga ada ayam betutu yang rasanya tentu gurih dan pas banget jadi lauk nasi hangat. 

Alamat: Jalan Sorowajan Nomor 116C, Modalan, Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Selasa libur, buka pukul 09.00-20.00 WIB

Baca Juga: 6 Lokasi Prewedding Outdoor di Kulon Progo, Lanskap Memukau!

5. Nasi goreng Beringharjo

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin Ngilernasi goreng papilon (instagram.com/streetfoodstories)

Di Jalan Mayor Suryotomo, Kota Yogyakarta terdapat dua warung nasi goreng babi yang terkenal. Warung ini sudah ada lebih dari 25 tahun yang lalu. Pertama, adalah Nasi Goreng Beringharjo. Disebut Beringharjo, karena dulu letaknya di sekitar Pasar Beringharjo. Saat ini warung telah berpindah di samping toko perlengkapan bayi, Wijaya atau berada di utara Hotel Limaran.

Warung kedua adalah nasi goreng Papilon. Namanya ini disematkan pada warung yang buka lapak di trotoar di samping bekas gedung Papilon.

Kedua warung ini memiliki menu utama yang sama, yaitu nasi goreng babi plus telur ceplok atau setengah matang. Bagi kamu yang menuntut ilmu di Yogyakarta, tentu tak asing dengan keramaian kedua warung ini. 

Alamat: Jalan Mayor Suryotomo Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Minggu libur, buka pukul 19.00 WIB - habis 

6. Toba Tabo

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin NgilerToba Tabo (instagram.com/voilajogja)

Kali ini ada kuliner babi di Yogyakarta yang dimasak dengan bumbu khas Tanah Minang, namanya Toba Tabo. Di antara beragam pilihan menu, yang jadi favorit adalah babi saksang dan panggang. 

Selain itu, tempatnya cukup luas dan bersih, bisa banget mengajak teman atau keluarga buat makan olahan babi bersama. Soal harga, gak perlu khawatir ya karena masih cukup terjangkau, kok!

Alamat: Jalan Ipda Tut Harsono, Muja Muju, Kapanewom Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.30-22.00 WIB

7. Eastpork

7 Kuliner Tempat Makan Babi di Jogja yang Bikin NgilerEastpork (instagram.com/eastpork.id)

Eastpork adalah restoran sei babi pertama di Yogyakarta yang selalu ramai pelanggan. Menu utamanya tentu saja sei babi, tapi kalau kamu mau menjajal lainnya, terdapat  mi instan dengan potongan daging babi dan sup kacang merah. 

Kamu gak perlu khawatir dengan daging babinya, tentu empuk karena dibakar langsung dengan kayu kosambi. Jika ingin sambal yang beda, kamu bisa pilih sambal dabu-dabu yang rasanya pedas tapi ada rasa asam dan menyegarkan. 

Alamat: Jalan Trapesium Nomor 33, Tiyosan, Condongcatur, Kapanewom Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Senin libur, buka pukul 08.00-23.00 WIB

Jika kamu penikmat babi, gak perlu bingung untuk menyantap masakan ini. Banyak warung yang menjajakan dengan menu beragam di Yogyakarta. Selamat mencoba!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya