Comscore Tracker

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong 

Tempat ngopi di UMY ini menawarkan suasana yang berbeda-beda

Pertumbuhan coffee shop di Yogyakarta dari hari ke hari kian menjamur. Terlebih di dekat kampus atau kawasan wisata, tempat nongkrong semacam ini selalu diburu. Salah satunya kafe di kawasan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), biasanya penuh oleh mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas atau sekadar main dengan teman.

Di tempat ini gak hanya tersedia kopi , tapi juga beragam makanan dan minuman yang bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Fasilitasnya pun lengkap dan pastinya bikin betah. Yuk, catat kafe mana saja di sekitar kampus UMY yang cocok buat nugas sampai nongkrong!

1. Kafe Basabasi Tamantirto

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong kafe basabasi (instagram.com/kafebasabasi)

Buat warga asli Yogyakarta, mungkin sudah gak asing lagi dengan Kafe Basabasi. Kafe satu ini punya banyak cabang, salah satunya dekat UMY yang biasanya jadi tongkrongan mahasiswa sampai keluarga karena tempatnya yang cukup luas. Di sini kamu bisa memilih buat duduk di kursi sampai lesehan baik indoor atau outdoor

Menu makanannya super lengkap, ada pisang bakar, roti bakar, atau aneka gorengan. Sementara makanan yang bikin kenyang seperti nasi pecel, nasi sup, dan lain-lain. Salah satu yang wajib dijajal di Kafe Basabasi tentu kopi tubruk dan kopi susunya, dong!

Alamat: Jalan Sunan Kudus Rukeman, Gatak, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: buka setiap hari, pukul 09.00 - 01.00 WIB

2. Kopisini UMY

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong kopisini UMY (instagram.com/kopisini.yk)

Kopisini menjadi salah satu kafe andalan mahasiswa UMY dan sekitarnya buat mengisi perut, nih. Tempatnya juga estetik dengan pilihan tempat duduk di luar ruangan atau dalam ruangan dengan fasilitas AC. Meski lebih banyak digunakan buat kongkow, kamu yang ingin mengerjakan skripsi di sini juga boleh, apalagi koneksi internetnya lumayan kencang dan stabil. 

Soal harga, tentu masih ramah di kalangan mahasiswa dan pekerja. Harga minuman mulai dari Rp5 ribu sampai Rp15 ribu saja dengan pilihan seperti teh, kopi, dan susu. Makanan seperti nasi, mi, camilan gak kalah lezat. 

Alamat: Jalan Bunga, Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: buka setiap hari, pukul 09.00 - 23.00 WIB

 

 

Baca Juga: 6 Kafe di Dekat Kampus UGM Yogyakarta, Nyaman Buat Nugas

Baca Juga: 5 Kafe Hits di Gejayan Jogja, Asyik Buat Nongkrong dan Kerja 

3. Coffee Wae

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong Coffee Wae (instagram.com/jogjaroamer)

Saat kuliah, pasti rasanya sering suntuk dan ingin cari hiburan kan? Agar jiwa kembali segar tapi keuangan tetap mulus, kamu cukup ke Coffee Wae yang lokasinya gak jauh dari UMY. Tempatnya agak terpencil, sekitar kafe masih rimbun dengan pepohon dan letaknya yang bersebelahan dengan sungai. 

Jika ingin mendapatkan suasana pedesaan yang kental, kamu bisa datang pagi hari karena suasana kafe masih sepi, Sementara jika ingin nongkrong dengan teman, datang saat malam akan lebih baik karena ada live music-nya.

Alamat: Jalan Tamantirto Nomor 451F, Tamantirto, Kasihan, Brajan, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: buka setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB

4. Mase Coffee Lab

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong Mase Coffee Lab (instagram.com/mase_coffee)

Mase Cofee Lab, dekat UMY yang cocok banget buat nugas dengan konsep minimalis dan tempat yang bersih. Memang sih gak terlalu luas, tapi tetap saja nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong baik di dalam atau luar ruangan.

Fasilitas di Mase Coffee Lab juga terbilang lengkap kok, misalnya koneksi internet yang kencang, musala, dan tentu saja colokan yang banyak dibutuhkan mahasiswa. 

Gak jauh berbeda dengan kafe lain, menu andalannya adalah kopi, tapi ada juga kombucha yang segar dinikmati. Sayangnya, di Mase Kafe Lab ini belum tersedia makanan menu berat. Namun tenang, aneka kue bisa jadi pilihan buat pengganjal lapar.

Alamat: Jalan Nulis Puluhan Nomor 122, Geblagan, Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00 - 23.00 WIB

5. Menara Coffee

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong menara coffee jogja (google.com/maps/contrib)

Menara Coffee lagi banyak dibicarakan, nih, khususnya oleh kawula muda Yogyakarta. Pasalnya kafe ini cukup instagramable dengan bangunan yang dibuat dari kaca dengan konsep modern minimalis. Tersedia tempat indoor dan outdoor, kamu bisa sesuaikan dengan keinginanmu. 

Tempatnya cukup luas, lengkap dengan tempat parkir yang sama luas. Selain jadi andalan buat mengerjakan tugas dan sekadar bersantai, Menara Coffee juga bisa digunakan buat mengadakan pertemuan, loh! 

Alamat: Jalan Patriot Bangsa II, Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00 - 00.00 WIB

6. Riphy Coffee Roastery

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong Riphy Coffee Roastery (instagram.com/riphy_coffeeroastery)

Buat kamu yang kurang suka kafe yang terlalu ramai Riphy Coffee Roastery bisa jadi tujuanmu, nih. Tempatnya memang gak terlalu luas, didirikan di sebuah rumah sederhana dengan aksen kayu, menjadikan kafe ini sempurna buat rehat sejenak sambil baca buku atau sekadar berbincang santai dengan sahabat tanpa banyak menyentuh gawai. 

Apalagi barista di sini juga ramah, kamu bebas menanyakan menu andalannya kalau bingung mau pesan apa. Andalan menu makanan di sini adalah pisang gorengnya, karena rasanya perpaduan manis dan gurih, serta renyah dari tepungnya. Yummy!

Alamat: Jalan Peleman, Geblagan, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: Buka setiap hari, pukul 17.00 - 00.00 WIB

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Kulon Progo yang Hits, Yuk Mampir!

7. Kopi DST

7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong Kopi DST (instagram.com/kopidst)

Merasa bosan dengan kafe berkonsep modern yang serba monokrom? Kafe dekat UMY bernama Kopi DST bisa jadi referensi. Bergaya tradisional, tempatnya luas walau untuk sampai ke lokasi perlu masuk ke dalam gang. Nuansa alamnya pun juga sangat terasa meski tempatnya gak jauh dari pusat kota.

Ada dua lokasi tempat duduk, yaitu indoor dan outdoor yang meski tanpa pendingin ruangan tetap sejuk. Di sini juga disediakan rak penuh buku yang boleh dipinjam oleh pengunjung. Dan yang menyenangkan, kafe ini pet friendly!

Alamat: Kasih, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam operasional: Buka setiap hari, pukul 12.00 - 23.30 WIB

Gak bingung lagi kan cari rekomendasi kafe dekat UMY? Ada yang homy, modern, sampai yang asri, semuanaya bisa disesuaikan dengan mood dan niat kamu mau mengerjakan tugas, nongkrong, atau sekadar bersantai. Selamat mencoba!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya