Comscore Tracker

5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!

Mahasiswa dan anak rantau, yuk, merapat?

Di Yogyakarta, banyak mahasiswa rantau yang jarang pulang, bahkan saat bulan Ramadan. Jauh dari keluarga menimbulkan rasa rindu dan kesepian karena harus sahur dan buka puasa sendiri. Kalau kamu salah satu mahasiswa rantau ini, jangan khawatir dan coba datangi salah satu dari 5 masjid di Yogyakarta yang sediakan takjil gratis ini.

Buka puasa bersama di masjid tak hanya memberikan suasana baru, tapi juga bikin kamu bisa lebih irit karena gak perlu beli santapan buka puasa lagi. Yuk, catat masjid mana saja yang sediakan takjil gratis di Yogyakarta berikut ini! 

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Yogyakarta Hari Ini

1. Masjid Al-Muqtashidin

5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!Takjil Gratis Masjid Al-Muqtashidin (fecon.uii.ac.id)

Masjid Al-Muqtashidin adalah masjid yang letaknya berada di lingkungan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) kampus Universitas Islam Indonesia. Setiap tahunnya, masjid ini tidak pernah absen mengadakan acara buka puasa bersama. 

Bahkan, beberapa hari jelang buka puasa, panitia sudah mengumumkan menu yang akan disediakan saat buka puasa nantinya. Untuk tahun 2022 ini, di Masjid Al-Muqtashidin kamu bisa menikmati makanan tradisional seperti ayam bakar sampai nasi gudeg, sampai makanan western seperti  beef black paper rice. 

2. Masjid Jogokariyan

5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!takjil masjid jogokariyan (instagram.com/masjidjogokariyan)

Siapa nih yang belum pernah mendengar soal buka puasa bersama di Masjid Jogokariyan? Masjid Jogokariyan sudah mengadakan bukber sejak tahun 1973 ini menjadi langganan mahasiswa di Yogyakarta untuk buka puasa sekalian salat tarawih. 

Masjid Jogokariyan setiap harinya bisa membagikan 2.500 sampai 3.000 porsi untuk buka puasa bersama. Bukan sekadar menu biasa, tapi olahan daging seperti gulai sampai tongseng bisa dinikmati. Pasti seru ‘kan buka puasa bersama dengan banyak orang?

Baca Juga: 7 Promo Buka Puasa di Hotel Jogja, Banyak Hidangan All U Can Eat

3. Masjid Gedhe Kauman

5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!takjil masjid gedhe kauman (instagram.com/tenggaranesia)

Berlokasi tidak jauh dari Malioboro, kamu juga bisa menjadikan Majid Gedhe Kauman sebagai tujuan mencari takjil gratis. Setiap hari, 1.000 sampai 1.300 porsi takjil disiapkan jelang buka puasa oleh panitia. 

Menariknya, di Masjid Gedhe Kauman ini punya menu andalan setiap buka puasa hari pertama, loh, yaitu nasi gulai ayam yang peminatnya luar biasa banyak. Selain gulai ayam, menu khas yang akan disajikan di Masjid Gedhe Kauman adalah makanan khas Yogyakarta, brongkos daging. 

4. Masjid Nurul Ashri Deresan

5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!masjid nurul ashri deresan (instagrsm.com/masjidnurulashri)

Mahasiswa UNY pasti tidak asing dengan Masjid Nurul Ashri Deresan. Di masjid ini, setiap harinya memiliki kuota 1000 box untuk dibagikan. Lauknya untuk berbuka setiap harinya berbeda, nih. Ada nasi kebuli, nasi ayam, sampai nasi lele. 

Sebelum buka bersama, kamu bisa ikut kajian bersama ustaz yang hadir. Selain mengadakan buka puasa bersama, Masjid Nurul Ashri Deresan juga mengasakan bazar sembako murah, nih. Cocok banget ajak ibu buat belanja jelang lebaran! 

5. Masjid Kampus UGM

5 Masjid di Jogja yang Sediakan Takjil Gratis, Menunya Enak!Masjid Kampus UGM (instagram.com/noor_achmadi)

Tidak kalah dari kampus sebelah, Masjid Kampus UGM juga membagikan takjil gratis setiap hari untuk orang yang membutuhkan. Nasi ayam krispi, bakmi khas Jawa, dan nasi lauk lele-terong balado adalah sedikit menu yang disediakan di sini. 

Namun kalau kamu mau menjajal takjil ala Masjid Kampus UGM, tidak bisa langsung datang, ya! Takjil diprioritaskan untuk yang mengikuti kajian terlebih dahulu, baru jika ada sisa akan dibagikan kepada yang datang. 

Buka bersama di masjid-masjid seperti ini rasanya pasti tak kalah menyenangkan dengan berbuka puasa di kampung halaman. Makanannya enak bahkan sekalian bisa mengaji dan salat tarawih berjamaah, pahalanya dobel! Nah, coba ajak teman-teman lain yang juga belum bisa mudik supaya tak merasa sendiri lagi di kota rantau, ya. Selamat berburu takjil!

Baca Juga: Resep Semur Tahu Kentang, Lauk Enak untuk Sahur dan Buka Puasa

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya