Comscore Tracker

Menikmati Sunyi Coffee Jogja, Tempat Ngopi dan Belajar Bahasa Isyarat

Di kafe ini tidak ada hiburan musik

Di wilayah Condongcatur, Sleman banyak tempat makan dan kafe yang mengajak para pelanggan untuk singgah mencicipi sajian makanan serta menikmati suasananya. Namun ada satu tempat yang akan membuatmu tertarik untuk singgah, namanya Sunyi Coffe Jogja.

Mengapa namanya sunyi? Semua pekerja di kafe ini adalah teman tuli yang jago membuat makanan serta meracik minuman.

 

1. Buka dari siang sampai malam, kafe ini tidak ada hiburan musik

Menikmati Sunyi Coffee Jogja, Tempat Ngopi dan Belajar Bahasa IsyaratSunyi Coffee Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Tak ada suara musik di kafe ini, sebagai gantinya, kamu bisa mendengar suara ayam dari rumah sebelah kafe atau gemericik suara air dari dapur.

Jika datang di pagi hari atau saat kafe ini buka, kamu akan menemukan kenyamanan untuk membuat tugas atau bekerja. Suasana damai juga akan kamu dapatkan untuk berbincang dengan rekan kerja, atau temanmu.

Baca Juga: 5 Kafe Dekat Keraton Yogyakarta, Nyaman untuk Tempat Bekerja

Baca Juga: 5 Kafe di Jogja yang Pajang Karya Seni, Serasa di Museum!

2. Berlokasi di rumah joglo dengan halaman luas, fasilitasnya lengkap dan penyajiannya cepat

Menikmati Sunyi Coffee Jogja, Tempat Ngopi dan Belajar Bahasa IsyaratSunyi Coffee Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Sunyi Coffee ternyata dapat ditemukan di kota lain, tapi yang membuat beda dengan lokasi di kafe di Jogja adalah menggunakan rumah joglo dan memiliki teras dan halaman luas, khas seperti rumah nenek di desa yang menawarkan rasa seperti di rumah sendiri.

Bagian luar ruangan yang tertutup kanopi, akan membuatmu tetap nyaman jika sewaktu-waktu turun hujan deras. Fasilitas di Sunyi Coffee Jogja juga cukup lengkap, mulai dari wifi, kamar mandi, dan tempat parkir luas baik untuk motor atau mobil.

3. Gak hanya kopi, menu makanan yang ditawarkan beragam

Menikmati Sunyi Coffee Jogja, Tempat Ngopi dan Belajar Bahasa IsyaratSunyi Coffee Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Menu di Sunyi Coffee Jogja cukup beragam. Mulai dari kopi susu tiramisu atau kopi susu pandan hingga bloddy berry sebagai salah satu menu andalan di sini.

Soal makanan, jangan khawatir ada beberapa menu yang wajib kamu coba kelezatannya. Antara lain nasi ayam wijen, spaghetti aglio e olio, dan dory sambal matah. Sedangnya untuk kudapannya bisa pilih kentang goreng sampai roti bakar dengan mozzarella.

Kisaran harga makanan dan minuman di sini masih standar coffee shop di Yogyakarta kok. Harga minuman mulai dari Rp12 ribu sampai Rp26 ribu. Dan harga makanannya berkisar Rp15 ribu sampai Rp30 ribu

4. Cara pesan makanan kepada teman tuli

Menikmati Sunyi Coffee Jogja, Tempat Ngopi dan Belajar Bahasa IsyaratSunyi Coffee Jogja (instagram.com/temanjalanmamang)

Sunyi Coffee Jogja memang sengaja gak sediakan penerjemah untuk menjembatani teman tuli dan teman dengar. Hal ini dilakukan supaya teman dengar beradaptasi dengan teman tuli, setidaknya menggunakan bahasa isyarat yang paling sederhana dan bisa dipahami semua.

Awalnya mungkin bingung bagaimana cara memesan makanan dan minumannya. Kamu bisa dengan cara menunjuk tulisan pada menu, minuman dan makanan mana yang ingin dipesan, lalu tunjukkan jumlahnya menggunakan jari.

Nah, teman tuli ini sangat pintar membaca gerak bibir ini membantu mereka menangkap maksud teman dengar. Namun karena pandemik yang memaksa pakai masker, memang lebih menyulitkan. Walau begitu, kamu boleh melepas masker sebentar saat memesan.

Dalam akun Instagram @sunyicoffee.jogja juga sudah tersedia tutorial memesan makanan dan minuman, tinggal ikuti saja ya. 

Jangan ragu buat ke Sunyi Coffee Jogja. Teman-teman tuli di sini dengan senang hati mau mengajarkan bahasa isyarat pada pengunjungnya. Mereka juga mengadakan kelas bahasa isyarat yang bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk kamu. Jadi, kapan nih mau mampir?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya