Comscore Tracker

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluarga

Mulai dari angkringan sampai olahan daging sapi juga ada

Meskipun termasuk jauh dari pusat kota, kuliner di Jalan Kaliurang yang enak dan murah ternyata cukup banyak, lho. Sebut saja seperti angkringan dengan beragam lauknya, olahan daging kambing yang meski 'jahat' tapi banyak penggemar, sampai makanan berkuah yang menghangatkan badan.

Kawasan ini berdekatan dengan kampus-kampus bergengsi di Jogja, makanya nyaris tak pernah sepi apalagi didukung dengan tempat makan yang dari pagi sampai malam siap memanjakan lidah. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung simak rekomendasinya berikut ini!

1. Angkringan Gadjah

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargaangkringan gadjah (instagram.com/angkringangadjahyk)

Meskipun namanya angkringan, jangan bayangkan sebuah warung tenda pinggir jalan, ya! Angkringan Gadjah lebih mirip restoran keluarga yang mengusung konsep tradisional Jawa yang kental. Tempat ini cocok banget disambangi bareng keluarga, apalagi saat malam karena sering mengadakan pertunjukan live music.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 9, Gondangan, Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Setiap hari, buka pukul 15.00–22.00 WIB

2. Wedangan Kampoeng

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko KeluargaWedangan Kampoeng (instagram.com/wenak.tok)

Butuh tempat yang luas, hangat, dan menu yang beragam? Coba mampir ke Wedangan Kampoeng di Jalan Kaliurang. Aneka minuman tradisional ditawarkan buat menghangatkan badan seperti wedang jahe, wedang uwuh, juga wedang ronde. Apalagi juga tersedia aneka jajan pasar dan gorengan, kumpul-kumpul makin syahdu.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 12,5, Candi Karang, Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00–20.00 WIB

3. Tongseng Pak Kribo

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargatongseng pak kribo (instagram.com/food15t)

Hawa Jalan Kaliurang yang sering dingin memang paling pas dilawan dengan makan yang pedas-pedas seperti di Tongseng Pak Kribo. Tempat makan ini termasuk kuliner legendaris di Jalan Kaliurang karena sudah buka dari tahun 1988. Menu andalannya adalah olahan kambing seperti gulai, tengkleng, dan tentu saja, tongseng yang bisa kamu pesan tingkat kepedasannya.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 17, Sukanan, Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00-23.00 WIB

4. Mie Ayam Tuman

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko KeluargaMie Ayam Tuman (instagram.com/doyanneat)

Di Jalan Kaliurang kamu bisa menemukan mi ayam yang baru buka jelang sore sampai tengah malam, tapi selalu ramai peminat. Mie Ayam Tuman namanya. Menu terkenal di Mie Ayam Tuman adalah mi ayam cekernya yang empuk dengan rasa manis-gurih. Ada juga yang porsi jumbo buat yang lagi lapar-laparnya.

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 6-11, Candi, Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 15.00–23.58 WIB

Baca Juga: 12 Restoran Korea di Jogja, Menu Beragam ala KDrama

5. Ayam Goreng Nelongso

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargaayam nelongso (instagram.com/ayamnelongso)

Ayam Goreng Nelongso adalah salah satu kuliner 24 jam di Jogja yang menawarkan menu beragam. Kalau lagi ingin makan yang pedas, bisa pesan ayam geprek sambel ijo, tapi kalau lebih suka yang manis legit, ada ayam bacem. Harganya mulai dari Rp5 ribu saja, lho!

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 60 Km 6.5, Purwosari, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka 24 jam

6. Rumah Makan Suka-suka

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargarumah makan suka-suka (instagram.com/sukasukajogja)

Anak rantau yang kangen dengan masakan rumahan, Rumah Makan Suka-suka bisa jadi rekomendasi tempat makan yang mengobati rindu. Aneka olahan ayam dan ikan baik digoreng atau dibakar adalah menu utamanya, tapi kamu juga bisa menambah side dish seperti ca kangkung dan sup ayam.

Alamat: Jalan Kaliurang Kecamatan KM 5.5, Karang Wuni, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00–20.00 WIB

7. Warung Kebon Nasi Bakar

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargawarung kebon nasi bakar (instagram.com/warungkebonnasibakar)

Gak jauh dari kampus UGM, ada Warung Kebon Nasi Bakar. Sesuai namanya, tempat ini menyajikan nasi yang dibakar lalu kamu bisa pilih lauknya sesuai selera. Yang paling populer adalah lele bakar dan ayam kremesnya, nih. Dan jangan lupa dinikmati bersama sambal yang pedasnya nampol.

Alamat: Jalan Kaliurang Km 5,5 Gang Sawo Nomor 8, Caturtunggal, Depok, Manggung, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00–20.00 WIB

8. Sup Buntut Bu Menuk

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargasup buntut bu menuk (instagram.com/sopbuntutbumenuk)

Cuaca Jalan Kaliurang yang sering dingin memang paling pas makan yang berkuah dan panas, 'kan? Yuk, coba kunjungi Sup Buntut Bu Menuk.

Menu utamanya adalah sup buntut, sup iga bakar, dan ayam goreng kampung. Tak cuma makanannya yang lezat, tempatnya pun nyaman dan terdiri dari dua lantai sehingga bisa dijadikan tempat makan bareng keluarga atau rekan kerja.

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 7,8, Ngabean Kulon, Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00–20.45 WIB

Baca Juga: 6 Tempat Makan di Dekat Stadion Mandala Krida, Lezat dan Murah

9. Waroeng Raminten

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko KeluargaThe House of Raminten (instagram.com/houseoframinten)

Kalau sedang di Jalan Kaliurang dan ingin menjajal keunikan makan ala Raminten yang terkenal itu, kamu bisa menuju Waroeng Raminten. Seperti cabang lainnya, menu populernya adalah nasi goreng mendopolokromo, tumpeng mini Indonesia indah, dan ayam koteka. Gak cuma kulineran, kamu juga bisa belanja souvenir juga.

Alamat: Jalan Kaliurang Km 15,5, Kledokan, Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00–22.00 WIB

10. Resto Joglo Asri

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargaresto joglo asri (instagram.com/jogloasrijogja)

Salah satu restoran keluarga di Jalan Kaliurang yang bisa jadi andalan yaitu Resto Joglo Asri. Meskipun berkonsep Jawa klasik, justru memberi kesan mewah terutama saat malam hari. Selain jadi rujukan keluarga, restoran ini juga banyak dijadikan tempat makan siang rombongan wisatawan.

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 56, Tambakan, Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.30–22.00 WIB

11. Kupat Gule Bang Doel

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluargakupat gule bang doel (instagram.com/eatventure.inc)

Kuliner di Jalan Kaliurang yang enak buat sarapan adalah Kupat Gule Bang Doel, nih. Seporsi gule, kamu bisa memilih pugas dari daging kambing dan sapi, atau bisa juga ceker ayam dan telur. Disantap dengan ketupat, kuah gule yang gurih dan pedas, rasanya dijamin nagih meski harganya murah meriah.

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 59, Manggung, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 07.00–12.00 WIB

12. Warung Kopi Klotok

12 Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko KeluargaMenu di Kopi Klotok Yogyakarta (dejogjaadventure.com)

Salah satu kuliner hits di Jalan Kaliurang yang terkenal dengan pisang dan telur gorengnya, apalagi kalau bukan Warung Kopi Klotok. Vibes makan ala pedesaan dengan pemandangan sawah, bikin wisatawan terutama yang datang dari kota besar nyaman buat makan di sini. Selain pisang dan telur goreng, menu yang paling cepat habis adalah sayur lodehnya.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 16, Area Sawah, Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 07.00–21.30 WIB

Setelah ini, gak akan kebingungan lagi deh mencari kuliner di Jalan Kaliurang yang enak buat makan sendiri atau dengan keluarga. Apalagi rekomendasi di atas didominasi oleh tempat makan berkonsep Jawa yang sediakan beragam menu, apa pun yang diidamkan, pasti ada!

Baca Juga: 10 Kuliner Malam dekat Tugu Jogja, Ada Soto sampai Bakmi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya