Tak hanya Digoreng, Belalang di Gunungkidul Dijadikan Topping Pizza

Sudah pernah merasakannya belum?

Gunungkidul, IDN Times - Kuliner khas pizza biasanya dibuat dengan menggunakan campuran daging ayam, sapi, keju atau sayuran. Tapi di tangan Sudarmadi Widodo, topping pizza dikombinasikan dengan daging belalang.

"Selama ini kan kenalnya hanya belalang goreng namun sekarang ada pizza toping belalang," ujar Sudarmadji saat ditemui di warung Pizza Qyu yang terletak di sekitar Bundaran Siono, Kapanewon Playen, Kamis (4/2/2021). 

Daging belalang ini sengaja dipakai Sudarmaji lantaran merupakan salah satu nahan makanan khas yang berasal dari Gunungkidul. Mau tahu cara pembuatan dan harganya, yuk kita simak. 

1. Harus dipesan terlebih dulu

Tak hanya Digoreng, Belalang di Gunungkidul Dijadikan Topping Pizzathewirecutter.com

Sudarmaji menjelaskan pembuatan pizza belalang tak beda dengan pizza lainnya. Tapi sayangnya tidak setiap hari ia bisa menyiapkan pizza belalang.  

"Pizza belalang ini tidak setiap hari tersedia, biasanya pembeli memesan terlebih dahulu karena harus menyiapkan belalang lebih terlebih dahulu agar tidak gosong saat di oven," ujarnya, Kamis (4/1/2021).

Untuk harganya tidak berbeda dengan pizza lainnya, satu loyang dihargai Rp35 ribu untuk ukuran kecil. 

Baca Juga: Resep Pizza Rumahan yang Sederhana, Rasanya Seenak di Restoran

2. Sudarmadji ingin memadukan kreasi makanan luar dan dalam negeri

Tak hanya Digoreng, Belalang di Gunungkidul Dijadikan Topping PizzaBelalang goreng jadi toping pizza. IDN Times/Istimewa

Inovasi pizza dengan topping belalang, menurut Sudarmaji lumayan diminati pembeli. Setiap harinya selalu ada pembeli yang memesannya. Pemilik warung pizza belalang ini mengatakan ide pembuatan kuliner khas Italia ini adalah pizza merupakan makanan mahal yang bisa dikreasikan dengan bahan lokal. 

"Ide membuat pizza dengan toping belalang ini untuk memadukan bahan lokal untuk dibuat makanan internasional. Saya ingin ada segmentasi pasar sendiri sehingga bisa bersaing dengan produk kuliner lainnya yang sudah akrab di lidah masyarakat," tuturnya.

 

 

 

3. Pizza belalang rasanya gurih

Tak hanya Digoreng, Belalang di Gunungkidul Dijadikan Topping PizzaSalah satu konsumen sedang menikmati pizza toping belakang goreng. IDN Times/Istimewa

Salah seorang pembeli pizza toping belalang Yuwono mengatakan pizza belalang di Gunungkidul rasanya gurih. "Pizza topping belalang rasanya gurih, ada sedikit manis dan ada krenyesnya dari belalang goreng," ujarnya.
 

Baca Juga: 5 Minuman Unik Khas Jogja, Sudah Pernah Coba?

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya