Comscore Tracker

Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah Okra

Diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit ‎

Bantul, IDN Times - Minuman kopi berasal dari biji kopi, itu sudah menjadi hal yang umum. Namun, di tangan Budi Santosa (52), minuman kopi tidak harus dari biji kopi. Budi membuatnya dari biji buah okra yang biasa digunakan masyarakat untuk bahan sayuran.

1. Butuh waktu 7 bulan untuk penelitian‎

Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah OkraIDN Times/Daruwaskita

Setelah melakukan penelitian selama 7 bulan, akhirnya Budi Santosa berhasil menciptakan minuman kopi yang dari bahan baku biji buah okra yang telah tua. Minuman kopi itu ia labeli dengan nama 'Kopi Raja'. Inovasi ini juga menambah nilai ekonomis okra.‎

"Di Bantul tidak ada tanaman kopi. Saya berpikir bagaimana menciptakan minuman kopi namun bahan bakunya bukan berasal dari biji kopi. Akhirnya memanfaatkan biji dari buah okra menjadi bahan baku membuat kopi," kata Budi saat ditemui di Rumah Mandiri Pangan di Tegal Malang, Dusun Grujukan, Desa Bantul, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Kamis (5/9).

2. Cara pembuatan 'Kopi Raja' sangat mudah

Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah OkraIDN Times/Daruwaskita

Cara membuat 'Kopi Raja' terbilang cukup mudah. Biji buah okra yang sudah tua dijemur sampai kering. Selanjutnya, biji disangrai dengan takaran 1 kilogram biji okra ditambah 1 ons jahe dengan tujuan menghilangkan bau pengar dari biji buah okra.

Setelah matang, biji okra yang disangrai dengan jahe kemudian dihaluskan dengan mesin blender. Kopi okra pun siap untuk diseduh dengan air panas dan ditambah gula pasir secukupnya.

"Cukup sederhana pembuatannya. Bahan baku biji buah okra cuma diambil dari petani dengan harga Rp20 ribu per kilogram," ujarnya.

Baca Juga: Kawa Daun Sajikan Kopi Legenda Khas Minang, Minumnya Pakai Batok 

3. 'Kopi Raja' diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan kaya akan vitamin‎

Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah OkraIDN Times/Daruwaskita

Kopi Raja sendiri menjadi alternatif bagi konsumen yang tidak suka atau pantang minum kopi. Kopi okra ini, menurut Budi, juga dijadikan minuman herbal karena bisa menyembuhkan penyakit maag, bisa menurunkan kolesterol hingga mengandung vitamin A hingga K dan tentunya tidak membuat pusing kepala.‎

"Kopi Raja justru minuman yang menyehatkan tubuh," ungkap pria yang sehari-hari bekerja sebagai PNS di UPTD DPPKP Pemkab Bantul di Barongan ini.

4. 'Kopi Raja' dijual Rp20-25 ribu untuk 1 toples ukuran 250 gram‎

Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah OkraIDN Times/Daruwaskita

Untuk lebih menarik konsumen Budi juga menyiapkan kemasan yang representatif yaitu toples dengan ukuran 100 gram dan 250 gram. Untuk harganya, 'Kopi Raja' ukuran 250 gram dijual kisaran Rp20-25 ribu.

"Jadi masih terjangkaulah harganya apalagi khasiatnya sangat banyak," tuturnya.‎

Baca Juga: 9 UKM Asal Bantul Lolos Seleksi untuk 'Mejeng' di Bandara YIA

Topic:

  • Paulus Risang
  • Septi Riyani

Just For You