Comscore Tracker

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja Kembali

Harganya mulai dari Rp10 ribu aja nih!

Yogyakarta menjadi salah kota di Indonesia yang memiliki beragam spot wisata, budaya, dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Julukan surga kuliner sepertinya memang cocok diberikan untuk kota yang satu ini.

Saat di Jogja, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan dan minuman khas yang rasanya enak dengan harga yang terjangkau. Salah satunya bisa kamu temukan di sekitar kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali) yang kini terkenal dengan Taman Lampionnya. Berikut ada beberapa rekomendasi tempat makan yang dijamin akan membuatmu ketagihan!

1. Lesehan Aldan Monjali 

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliLesehan Aldan Monjali (instagram.com/lesehanaldan)

Lesehan Aldan merupakan warung makan yang saat ini sudah memiliki banyak cabang di Yogyakarta, salah satunya berada di sekitar Monumen Jogja Kembali. Lesehan Aldan Monjali ini menyajikan beragam jenis lauk seperti ayam, bebek, ikan nila, lele dan beragam gorengan lain yang disajikan bersama berbagai varian sambal. Selain itu, warung lesehan ini juga memiliki harga terjangkau yang membuatnya banyak digemari oleh kalangan mahasiswa.

Terdapat banyak menu murah yang bisa kamu pilih sesuai selera, selain itu ada juga paket hemat yang bisa untuk berdua seperti paket nasi kembul ayam. Selain itu kamu juga bisa memilih aneka sambal untuk pendamping lauknya, mulai dari sambal teri, sambal bawang, sambal korek, sambal tempe, hingga sambal terong bisa langsung kamu icip. 

Alamat: Jl. Monjali, Nandan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Jam buka: 10.00-22.00 WIB

Harga: mulai dari Rp10 ribu

2. Kopi nJongké

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliKopi nJongke (Instagram.com/kopinjongke)

Buat kamu yang ingin mencari tempat nongkrong yang asik dan instagramable di sekitar Monjali, datanglah ke Kopi nJongké. Kedai kopi ini menawarkan konsep unik dan berbeda dari kedai kopi lainnya. Bangunan dan dekorasi kedai kopi ini menggunakan konsep pedesaan yang didukung dengan lokasinya yang berada di persawahan hijau yang asri.

Kopi nJongké tidak hanya menyediakan menu kopi saja, namun juga camilan dan berbagai macam menu tradisional dan makanan berat yang kekinian. Beberapa makanan di sini juga disajikan secara prasmanan ala rumahan yang bisa dengan bebas kamu pilih.

Suasana Yogyakarta di kedai ini pun juga sangat terasa dengan adanya rumah Joglo yang menjadi bangunan utamanya. Selain di Joglo, terdapat juga area outdoor di gazebo-gazebo bambu yang berada di tepi sawah.

Alamat: Jl. Prawiro Sudiyono, Gondengan Penen, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Jam buka: buka setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp10 ribu

3. Sate Klatak Kambing Muda Pak Jeje

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliSate Klatak Kambing Muda Pak Jeje (Instagram.com/jogjabikinlaper)

Buat kamu pecinta daging kambing dan ingin mencoba kuliner khas dari Jogja, kamu bisa datang ke Sate Klatak Kambing Muda Pak Jeje. Sate klatak adalah sate kambing yang ditusuk dengan jeruji besi yang menjadi salah satu kuliner wajib coba kalau kamu berkunjung ke Jogja.

Sate Klatak Pak Jeje memiliki keunikannya sendiri, diolah dengan menggunakan bumbu khas yang nikmat. Selain itu, sate klatak ini juga disajikan secara sederhana dengan kuah gulai dan irisan cabai. Memiliki kelebihan dalam proses pengolahan yang membuat daging kambing muda terasa empuk dan tidak berbau membuat sate klatak ini menjadi primadona bagi wisatawan Yogyakarta. Hal itu dibuktikan dengan selalu ramainya pengunjung Sate Klatak Pak Jeje ini.

Selain sate klatak, warung sate ini juga menyediakan aneka olahan kambing seperti tongseng, kicik, dan gulai. Kamu juga bisa memilih semua bagian kambing, mulai dari daging, jeroan, tulang, iga, lidah, otak, kaki, hingga kepala. Soal harga pastinya murah meriah. Kedai sederhana yang punya menu luar biasa nikmatnya.

Alamat: Jl. Magelang No.01, Jombor Lor, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Jam buka: 17.00-02.00 WIB

Harga: mulai dari RP16 ribu

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Sarapan di Pusat Kota Jogja, Menggoda!

4. Nasi Uduk Palagan Pusat

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliNasi Uduk Palagan Pusat (Instagram.com/kulineranmamake)

Nasi uduk Palagan bisa menjadi salah satu pilihan tempat makan yang cozy dengan harga yang ramah di kantong. Rumah makan di Yogyakarta ini menyajikan aneka menu hidangan tradisional yang bisa kamu nikmati di suasana outdoor maupun indoor. Nasi uduknya memiliki tekstur yang pulen, gurih, enak, dan lauk-lauk yang disediakan juga cukup beragam.

Terdapat juga berbagai pilihan menu sayur mulai dari bunga pepaya, Bihun, botok manding, semur telur, jengkol, oseng tempe, pare dan lainnya. Selain itu, Nasi Uduk Palagan Pusat ini juga memiliki suasana tempat yang bersih dan pelayanan juga ramah-ramah. 

Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.104, Waras, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: buka setiap hari pukul 06.00-21.00 WIB

Harga: Rp7 ribu

5. Nasi Gandul Pak Bo (Cabang Monjali) 

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliNasi Gandul Pak Bo (instagram.com/nasigandulpakbo)

Ada satu kuliner Jogja lezat yang tak boleh dilewatkan saat berada di sekitar Monumen Jogja Kembali yaitu Nasi Gandul Pak Bo. Nasi Gandul merupakan kuliner khas dari Pati, Jawa Tengah, yang saat ini telah memiliki banyak penggemarnya di Yogyakarta.

Dalam satu porsi nasi gandul ini akan berisi nasi putih hangat yang diberi kuah kental panas dan berbagai lauk pauk olahan khas Pati. Pilihan kecapnya juga tak sembarangan, menggunakan kecap cap Ikan Lele khas Pati.

Pilihan lauknya beragam, mulai dari perkedel, ayam, telur dan jeroan seperti paru, babat, ati, kulit, limpa dan iso. Semua lauk dimasak hingga memiliki tekstur empuk dan tidak amis. Lauk tersebut kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam mangkuk. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa sendok kecap dan jika kamu ingin peda kamu bisa menambahkan cabai sesuai selera.

Selain itu, hal yang membuat kuliner ini makin sedap karena penggunaan daun pisang yang dijadikan alas makannya jadi makin menambah aroma wangi dari nasi dan kuahnya. Kuah nasi gandul berwarna cokelat dan cenderung manis lantaran menggunakan kecap. 

Alamat: Jl. Monjali No.8, Sumberan, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: Buka Senin-Sabtu pukul 17.00-00.00 WIB

Harga: mulai dari Rp13 ribu

6. Nasi Liwet Solo Bu Wongso Lemu

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliNasi Liwet Bu Wongso Lemu (Instagram.com/galananta)

Tak hanya di Solo saja, di Jogja kamu juga bisa menemukan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang lokasinya berada di sekitar Monumen Jogja Kembali. Nasi liwet ini terdiri dari nasi gurih, sayur pepaya pedas, telur bacem, suwiran ayam, tahu kuning, dan areh atau bubur santan. Untuk lauknya sendiri juga disediakan banyak pilihan seperti ati ampela bacem, ayam kampung, telur kukus, dan berbagai jeroan.

Buat kamu yang merasa kurang pedas, warung nasi liwet ini juga menyediakan cabai rawit kukus yang dihidangkan di tiap meja pengunjung. Selain itu sama halnya di Solo, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini juga disajikan dengan cara dipincuk dengan menggunakan daun pisang atau juga bisa menggunakan piring yang terbuat dari piring rotan yang dilapisi kertas minyak dan daun pisang.

Untuk rasanya sendiri kamu tak perlu berpikir dua kali, karena Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini selalu ramai dan ludes di serbu pengunjung tiap harinya lho.

Alamat: Jl. Monjali, Gemawang, Sinduadi, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: Buka Senin-Sabtu pukul 06.00-22.00 WIB

Harga: mulai dari Rp15 ribu

7. Soto Ijo Monjali

7 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Monumen Jogja KembaliSoto Sapi Monjali (instagram.com/jogjacarimakan)

Warung Soto Ijo Monjali menjadi salah satu tempat favorit bagi para penikmat soto di Yogyakarta. Warung soto ini berada tak jauh dari kampus UGM yang sering dijadikan alternatif menu makan siang yang murah namun tetap enak bagi mahasiswa. Sesuai namanya, warung ini menyediakan berbagai menu soto yang menjadi menu andalan dan satu-satunya.

Satu mangkok soto ini akan berisi nasi putih, irisan daun kol, tauge, lalu dilengkapi dengan taburan daun seledri dan bawang goreng. Semuanya disiram dengan kuah panas yang dimasak di atas tungku arang yang akan membuat rasanya lebih nikmat dan menggoda. Kuah sotonya berwarna bening yang kaya akan rempah dan kaldu sapi yang asin dan gurih. Selain itu, daging sapinya juga lembut dan tidak alot. 

Selain soto daging, ada banyak variasi soto yang tersedia mulai dari soto isian babat, iso atau campuran. Tak hanya itu, warung soto ini juga menyediakan beraneka lauk dan gorengan seperti sate telur puyuh, tahu, sate usus, tempe dan tahu goreng, bakwan, lumpia dan kerupuk. Sedangkan untuk minuman juga cukup beragam mulai dari teh, kopi hingga minuman jamu seperti beras kencur dan kunir asem. 

Alamat: Jl. Tirta Marta, Gemawang, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: Buka setiap hari pukul 06.00-16.00 WIB

Harga: mulai Rp10 ribu

Jika kamu sedang berada di Jogja, terlebih kamu berencana untuk ke kawasan Monumen Jogja Kembali jangan lupa untuk mampir dan mencicipi berbagai rekomendasi kuliner di atas. Selain rasanya yang enak, harganya juga tak menguras kantong, lho!

Baca Juga: 10 Kafe Jogja Buka hingga Jam 12 Malam, Nongkrong Lebih Bebas

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya