Comscore Tracker

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!

Tempat ini cocok untuk kalian yang suka kulineran, let's go!

Siapa nih yang hobi hunting makanan? Wah emang seru banget ya, kita bisa mencicipi beragam jenis makanan. Apalagi kalau makanan tersebut unik di salah satu daerah, seperti Yogyakarta.

Dikenal sebagai daerah tujuan wisata, Yogyakarta juga punya berbagai pilihan kuliner unik lho! Simak langsung daftarnya berikut ini.

1. Bubur ketan hitam segar di Bubur Hayam Kotabaru

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Bubur ketan hitam di Bubur Hayam (instagram.com/buburhayam)

Jangan salah, ini bukan foto bubur ayam. Bubur di atas merupakan bubur ketan hitam dikombinasikan dengan mangga yang manis dan disiram dengan es krim. Bubur ini cocok dikonsumsi di waktu siang atau saat matahari terik. Pastinya segar banget!

Namun, selain bubur ketan hitam, Bubur Hayam juga menjual bubur ayam, lho. Tidak kalah enak, bubur ayamnya pun memiliki toping ayam dan telur yang melimpah. Selain itu, bubur hayam ini sudah tersedia di grab atau gojek. Wah bikin ngiler ya, penasaran kan travelers?

Lokasi: Jl. Johar Nurhadi No.5, Kotabaru, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  

Waktu operasional: 06.00--22.00 WIB

Harga: Rp10 ribu--Rp20 ribu

2. Balung dinosaurus di Sop dan Sate Sapi Mas Bayu

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Balung dinosaurus di Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. (instagram.com/sopdansatesapipakbayu)

Namanya memang terdengar seram: Balung dinosaurus. Balung ini memang berupa tulang sapi berukuran besar, cocok disantap bersama keluarga. Tentunya balung ini dari hewan sapi dan diolah menjadi sop dan sate. Selain itu, sayuran dan rempahnya juga segar.

Varian daging yang ditawarkan juga beraneka macam, seperti balung dinosaurus bakar, sop balung gajah, sate sultan, sate sugih, sekengkel, dan iga bakar. Rasanya pun cukup nendang, manis, dan gurih. Selain menu, lokasinya pun cukup luas, sehingga cocok untuk berkumpul bareng keluarga. Cocok sekali kan untuk sarapan atau makan siang, dijamin kenyang!

Lokasi: Jl. Yudistiro No.2, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

Waktu operasional: 09.00--21.00 WIB.

Harga: Rp10 ribu--Rp96 ribu

3. Sate Klatak Pak Pong

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!sate klatak pak pong (instagram.com/kulineryogya)

Kuliner khas Jogja yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi pencinta sate. Sate klatak Pak Pong selain memiliki cita rasa yang lezat, cara penyajiannya juga berbeda dari sate biasanya.

Uniknya, sate klathak Pak Pong ini ditusuk menggunakan besi jeruji sepeda. Selain itu, satenya pun gurih dan empuk, ditambah dengan kuah gulai. Sekali mampir pasti ketagihan!

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.18, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Waktu operasional: 09.00--23.00 WIB

Harga: Rp20 ribu--Rp30 ribu

4. Nanamia Pizzeria

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Ilustrasi pizza nanamia (Instagram.com/happilytweety)

Buat kamu yang menggemari kuliner western, cobalah pizza di Nanamia Pizzeria. Salah satu rahasia kelezatan pizzanya adalah dengan tetap mengandalkan teknik tradisional ala Italia. Menunya pun berbagai macam, ada yang vegetarian pizza maupun meat pizza. Jadi cocok bagi semua kalangan bahkan untuk yang sedang berdiet.

Selain itu, lokasinya juga sangat strategis yaitu terapit di tengah pusat pendidikan dan tempat wisata. Tempatnya luas, outdoor, dan estetik sehingga cocok juga untuk berswafoto. Penasaran kan?

Lokasi: Jl. Mozes Gatotkaca B 15-17 Gejayan, Yogyakarta

Waktu operasional: 10.00--22.00 WIB

Harga: Rp20 ribu--Rp70 ribu

5. Kopi Klotok

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Ilustrasi kopi klotok (Instagram.com/ltjahaja)

Kopi klotok menjadi tempat yang sangat legendaris di Yogyakarta. Selain menjual kopi, tempat ini menyediakan masakan rumah yang tidak kalah enaknya. Menu yang paling ikonik adalah kopi klotok, telur dadar, dan pisang gorengnya.

Kopi klotok sendiri cukup unik karena diseduh menggunakan tungku arang, sehingga menghasilkan aroma kopi yang cukup kuat dan rasa pahit manis saat diseruput. Selain itu, telur dadarnya pun cukup lezat, gurih, dan crispy. Tak kalah enak, pisang gorengnya juga sangat manis dan cocok untuk dinikmati bersama kopi.

Lokasi: Jalan Kaliurang No. km16, Yogyakarta

Waktu operasional: 07.00--21.30 WIB

Harga: Rp3 ribu--Rp11 ribu

6. Sarangeui Oppa

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Ilustrasi menu sarangeui oppa (Instagram.com/sarangeui_oppa)

Selain menjual makanan tradisional, Jogja juga menyediakan aneka ragam makanan Korea. Salah satunya Sarangeui Oppa. Rasa menunya pun sangat melekat dengan budaya Korea.

Menu yang disajikan sangat variatif dari bibimbap, ramen, sushi, kimbab pun ada. Namun, tempat ini sangat unik, buka mulai dari jam 12.00 WIB.

Lokasi: Jl. Gurameh I perumnas No.1, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Harga: Rp25 Ribu--Rp40 ribu. 

7. Ramen Head

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Ilustrasi ramen Jogja (Instagram.com/ramenhead.co)

Ramen satu ini juga tidak kalah unik dibanding ramen lainnya. Selain halal, menu yang disajikan pun variatif. Terdapat tiga menu dengan varian kuah kaldu, di antaranya niku yang berbahan dasar shoyu menghasilkan rasa gurih, niwatorinohoni yang menjadi ciri khas dari Ramen Head, dan curry dengan tekstur kuah kental.

Selain itu, juga terdapat beberapa varian topping seperti chicken, katsu, ebi, dan beef. Tidak kalah pentingnya, tempat ini juga dihiasi dengan ornamental Jepang, sehingga terasa atmosfer Jepangnya.

Lokasi: Jl. Pandega Karya No. 20, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY

Waktu Operasional: 11.00-21.00 WIB

Harga: Rp25 ribu--Rp30 ribu

8. Okid Cafe

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Ilustrasi Okid Cafe (Instagram.com/jogjabeanbag_store)

Okid Cafe juga bisa disebut sebagai hidden gem di Jogja. Hal ini dikarenakan letak dari Okid Cafe tersebut. Berdasarkan namanya, Okid Cafe merupakan singkatan dari Omah Kidul (Selatan) Keraton Yogyakarta.

Kafe ini merupakan bangunan rumah berarsitektur jawa yang didirikan pada tahun 1826. Ornamen di dalamnya bernuansa Jawa yang kuat, menambah kehangatan ketika ngopi bareng keluarga atau teman. Menu yang ditawarkan juga beragam, dari makanan berat sampai makanan ringan. Selain itu, rumah ini sudah ditempati oleh 6 generasi. Wah sudah lama banget yah!

Lokasi: Jalan Panembahan No.11, Kota Yogyakarta, DIY 

Waktu operasional: 16.00--24.00 WIB

Harga: Rp10 ribu--Rp30 ribu

9. Sate Ratu

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Sate Ratu (instagram.com/sateratu)

Sate Ratu di Jogja ini juga tidak kalah unik dan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Varian menu yang disajikan bermacam-macam, seperti sate ayam merah dengan daging ayam yang besar dan dibalur bumbu yang sedap, sate kanak yang merupakan porsi kecil dari sate ayam merah, lilit basah yang berasal dari kukusan ayam disiram dengan kuah yang kental, dan ceker tugel yang pedas.

Nuansa tempatnya pun cukup tenang dari keramaian dan cocok untuk berkumpul bareng keluarga. Selain itu, sate ratu ini sudah menyabet beraneka ragam penghargaan internasional, lho!

Lokasi: Jl. Sidomukti, Tiyasan, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY

Waktu operasional: 11.00--21.00 WIB

Harga: Rp5 ribu--Rp25 ribu

10. Saoto Bathok Mbah Karto

10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!Ilustrasi saoto bathok (jalansitu.com/beyourselfwoman)

Saoto bathok merupakan soto yang dihidangkan menggunakan batok kelapa. Penyajian unik ini yang menyebabkan cita rasa soto bathok sangat khas dan segar. Kuah soto yang disajikan bening dengan ditambah nasi dan potongan daging sapi. Rasanya akan semakin unik ketika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis dan sambal.

Menu lainnya pun dihidangkan dengan piring tanah liat, sehingga menambah ciri khas dari Saoto Bathok Mbah Karto ini. Menu tambahan yang ditawarkan ada sate puyuh, sate usus, perkedel, dan tempe garit. Pastinya menjadikan rasa yang sempurna ketika disatukan. Meskipun tempatnya sangat jauh dari perkotaan, namun lokasinya sangat memanjakan mata oleh hamparan sawah.

Lokasi: Sambisari, Purwomartani,  Kalasan, Sleman, DIY

Waktu operasional: 06.00--15.30 WIB

Harga: Rp5 ribu

Adelia Komalasari Photo Community Writer Adelia Komalasari

Innallaha ma'assobirin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya