Comscore Tracker

5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmu

Gak cuma menyegarkan tetapi juga menyehatkan, lho!

Kita sebagai orang Indonesia tentunya mengenal buah rambutan. Buah berwarna merah ini memang buah asli Asia Tenggara dan tumbuh subur di iklim tropis, seperti di Indonesia dan Malaysia.

Dikenal sebagai buah yang lezat dan menyegarkan, rambutan memang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan atau minuman. Bahkan, rambutan juga menyimpan banyak manfaat yang dapat kita raih dengan mengonsumsinya secara rutin. Jadi penasaran, kan? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Mencegah kanker

5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmuilustrasi kanker (pexels.com/Anna Tarazevich)

Rambutan dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan Vitamin C. Menurut Healthline, konsumsi lima atau enam buah rambutan sehari dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian kita. Vitamin C sendiri terbukti dapat membantu tubuh kita untuk menyerap zat besi lebih mudah. 

Tak hanya itu, Vitamin C juga termasuk antioksidan kuat. Dilansir Nourish by WebMD, antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas, yakni produk limbah yang dapat merusak sel-sel tubuh. Hal ini berpotensi dapat mengurangi risiko terkena kanker.

2. Menjaga kesehatan kulit

5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmuilustrasi merawat kulit (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Sebuah tinjauan ilmiah dalam US National Library of Medicine tahun 2020 menyimpulkan bahwa vitamin C yang terkandung dalam rambutan dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, sejenis protein yang mengenyalkan kulit dan menguatkan rambut.

Tak hanya itu, banyak penelitian yang berhasil membuktikan keterkaitan asupan vitamin C yang tinggi dengan kulit yang kencang. Sebuah jurnal dalam US National Institus of Health tahun 2017 menemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dari makanan atau suplemen dapat mengurangi peluang kerutan dan kulit kering.

Baca Juga: 5 Alasan Perut Tetap Keroncongan meski Sudah Makan  

3. Menjaga kesehatan pencernaan

5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmuilustrasi sakit perut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menurut Healthline, terdapat kandungan 1,3--2 gram serat dalam 100 gram buah rambutan. Serat sendiri dapat dibagi dua, yakni serat yang dapat larut dan yang tidak.

Sekitar setengah dari serat dalam daging buah rambutan adalah serat yang tak dapat larut. Hal itu berarti serat tersebut tak akan dicerna oleh usus. Tinjauan ilmiah dalam US National Library of Medicine tahun 1999 menunjukkan bahwa serat yang tak dapat larut dapat membantu mengurangi sembelit. 

Sementara, setengah yang lain merupakan serat yang dapat larut. Serat larut menyediakan makanan untuk bakteri-bakteri baik di usus kita. Sebagai hadiah, para bakteri ini berbagai asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat.

Nah, senyawa-senyawa tersebut dapat mengurangi inflamasi dan memperbaiki gejala gangguan usus, termasuk Irritable Bowel Syndrome (IBS), penyakit Crohn, dan kolitis ulseratif, menurut beberapa studi dalam US National Library of Medicine.

4. Menurunkan berat badan

5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmuilustrasi berat badan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Dilansir Healthline, 100 gram rambutan mengandung 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Catatan tersebut relatif rendah kalori untuk jumlah serat yang disediakan. Hal ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama, yang akhirnya dapat mengurangi kemungkinan kamu makan berlebihan, menurut tinjauan ilmiah dalam US National Library of Medicine tahun 2001.

Sebuah jurnal dalam US National Library of Medicine tahun 2011 menyimpulkan bahwa serat yang dapat larut bisa membentuk zat seperti gel di usus yang berfungsi memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Hal ini menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

5. Memerangi infeksi

5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmuilustrasi luka (pexels.com/RODNAE Productions)

Buah rambutan mungkin dapat berkontribusi membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Senyawa yang memegang peran kunci di sini adalah Vitamin C.

Sebuah studi dalam US National Library of Medicine tahun 2014 membuktikan Vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri diperlukan tubuh kita untuk melawan infeksi.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari mengonsumsi buah rambutan secara rutin. Meski memiliki segudang manfaat, pastinya rambutan juga bisa merugikan tubuh kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, bijaklah dalam mengonsumsinya, ya.

Baca Juga: 7 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan, Gak Cuma Pedas

Rakha Alif Photo Community Writer Rakha Alif

run like a chocobo and stab like a tonberry

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya