Comscore Tracker

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!

Jangan lupa tambahkan bahan-bahan ini ke menu sehari-hari

Kalsium merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting bagi tubuh. Memiliki fungsi utama untuk meningkatkan kekuatan tulang, kebutuhan kalsium untuk tubuh penting untuk diperhatikan.

Dilansir dari laman New Chapter, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan usia berbeda-beda, yaitu:

  • Orang dewasa usia 19-50 tahun: 1.000 mg
  • Pria usia 51-70 tahun: 1.000 mg
  • Wanita usia 51-70 tahun: 1.200 mg
  • Orang dewasa usia 71+ tahun: 1.200 mg
  • Wanita hamil dan menyusui: 1.000 mg

Kalsium terkandung secara alami di dalam makanan. Namun, terdapat beberapa makanan yang kaya akan kandungan kalsiumnya, seperti beberapa makanan nabati berikut. Penasaran apa saja makanan tersebut? Yuk, simak!

1. Tahu

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi tahu (pexel.com/cottonbro)

Makanan pertama yang dapat dipilih sebagai sumber kalsium adalah tahu. Menurut FoodData Central Departemen Pertanian Amerika Serikat, di dalam 100 gram tahu mentah terkandung 683 miligram kalsium. Berbeda dari tahu yang masih mentah, tahu yang sudah digoreng hanya mengandung kalsium sebanyak 372 mg per 100 g.

Tidak hanya kaya akan kalsium, tahu juga menjadi salah satu makanan dengan jumlah protein yang tinggi, magnesium, zat besi, dan vitamin B.

Baca Juga: Ahli Gizi UGM Ungkap Cara Konsumsi Buah dan Sayur yang Baik

2. Kacang kedelai

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi kacang kedelai (pexels.com/Pixabay)

Kacang kedelai biasanya diolah menjadi beberapa produk makanan maupun minuman, seperti tempe dan susu. Kandungan kalsium dalam 100 g kacang kedelai mentah yang tidak diolah adalah sebanyak 277 mg.

Tidak hanya itu, kacang kedelai juga menjadi sumber protein, asam folat, dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan lemaknya yang rendah juga membuat kacang kedelai cocok dikonsumsi ketika sedang diet.

3. Rumput laut

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi rumput laut (unsplash.com/Patrick Perkins)

Rumput laut memiliki berbagai jenis, mulai dari nori, wakame, kombu, aonori, mozuku, serta ganggang biru-hijau seperti spirulina. 

Dari berbagai jenisnya tersebut, rumput laut ini tentunya memiliki kandungan kalsium yang berbeda-beda. Dalam 100 g rumput laut jenis wakame mengandung 150 mg kalsium. Sedangkan untuk jenis aonori, terdapat 70 mg kalsium untuk 100 g. 

4. Brokoli

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi brokoli (pexels.com/Pixabay)

Brokoli merupakan jenis sayuran yang terkenal akan kandungan nutrisinya yang menyehatkan. Pada brokoli mentah terkandung 90 persen air, 3 persen protein, dan 7 persen karbohidrat.

Dalam 100 g brokoli mentah terkandung 47 mg kalsium. Sedangkan untuk 100 g brokoli yang dimasak dengan cara direbus, terdapat 40 mg kalsium.

5. Kacang almond

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi kacang almond (pexels.com/Karolina Grabowska)

Termasuk dalam jenis kacang yang populer, ternyata almond kaya akan kandungan kalsium. Di dalam 100 g kacang almond terkandung 269 mg kalsium.

Kacang almond juga merupakan jenis kacang yang menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Punya banyak manfaat, kacang almond mampu mengontrol gula darah dan menurunkan kolestrol.

Baca Juga: 5 Alasan Perut Tetap Keroncongan meski Sudah Makan  

6. Buah ara

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi buah ara (pexels.com/Pixabay)

Buah ara termasuk dalam jenis buah dengan kandungan kalsium yang tinggi. Per 100 g buah ara terdapat 35 mg kalsium. Berbeda lagi dengan buah ara yang dikeringkan, jenis buah ara ini mengandung kalsium yang lebih tinggi yakni sebesar 162 mg.

Buah yang satu ini juga kaya akan potasium. Mengonsumsi buah ini secara cukup dapat meningkatkan kekuatan tulang, sehingga dapat terhindar dari beberapa masalah tulang seperti osteoporosis.

7. Jeruk

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi buah jeruk (pexels.com/Pixabay)

Buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi ini juga menjadi sumber kalsium yang baik, lho. Ada 43 mg kalsium terkandung dalam 100 g jeruk.

Buah jeruk dapat meningkatkan imun tubuh. Selain itu, dengan sifat antioksidannya buah ini dapat membuat kulit terhindar dari berbagai macam kerusakan.

8. Edamame

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi edamame (pexels.com/cottonbro)

Kandungan kalsium dalam 100 g edamame adalah 63 mg untuk yang mentah dan 61 mg untuk edamame yang direbus. Edamame juga kaya akan kandungan protein, vitamin, dan mineral.

Edamame dapat mengurangi faktor risiko dari beberapa penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

9. Labu

9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!ilustrasi labu (pexels.com/Pixabay)

Seperti yang lain, kandungan kalsium antara labu mentah dan labu direbus berbeda. Untuk berat 100 g, terdapat 48 mg kalsium untuk labu mentah dan 41 mg untuk labu direbus.

Labu juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan berkat kandungan seratnya.

Nah, ternyata dari 9 makanan di atas dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi, juga kaya akan manfaat. Kamu bisa buat meal plan, nih, dari beberapa makanan tersebut. Bikin tulang dan gigi makin kuat, lho!  

Baca Juga: 7 Minuman Ini Kadar Gulanya Setara Soda, Wajib Hati-hati!

Lia Dee Photo Community Writer Lia Dee

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya