PSM Makasar Unggul 2-1 dari PSS Sleman, Tavares Mengaku Beruntung 

Tavares sebenarnya inginkan 3 gol dari pertandingan semalam 

Sleman, IDN Times - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mengaku beruntung anak asuhnya bisa mengandaskan permainan agresif PSS Sleman pada laga Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (23/7/2022) malam.

1. Curi gol dua kali

PSM Makasar Unggul 2-1 dari PSS Sleman, Tavares Mengaku Beruntung PSS kalah 1- 2 dari PSM Makasar di laga perdana Liga 1 2022/2023. Instagram / pssleman

Tavares menilai PSM beruntung bisa mencetak gol terlebih dahulu ketika dua tim sama-sama membukukan peluang di babak pertama. "Untungnya kita mencetak gol pertama dan kedua. Lawan juga mempunyai beberapa peluang setelah itu," kata Tavares di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Sebanyak dua gol disarangkan Kapten PSM, Wiljan Pluim pada menit ke-17 dan 28 hingga peluit tanda turun minum dibunyikan.

2. Tak hanya 2, Tavares inginkan 3 gol dari pertandingan semalam

PSM Makasar Unggul 2-1 dari PSS Sleman, Tavares Mengaku Beruntung Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares. IDN Times / Tunggul Damarjati

Selama jeda waktu pergantian babak pertama, di ruang ganti pemain Tavares meminta pasukannya menambah 1 gol lagi di babak kedua untuk mengunci kemenangan. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. PSS berhasil memperkecil jarak usai Tallysson Duarte menyarangkan bola ke gawang M. Reza di menit ke-89.

Lagi-lagi, Tavares merasa beruntung lini belakang pemainnya bisa bertahan dari gempuran tim tuan rumah dan menjaga keunggulan 1-2 hingga wasit meniup peluit panjang.

"Kita bicarakan ini setelah dari ruang ganti. Ada pepatah mengatakan jika kamu tidak mencetak gol ketigamu dalam sebuah pertandingan, lawan akan mencetak gol mereka. Dan itulah yang terjadi. Untunglah kita bisa mempertahankan keunggulan kita sampai menit terakhir," imbuhnya.

Baca Juga: 2 Gol Kapten PSM Kandaskan Permainan Agresif PSS Sleman

3. Tepis anggapan hanya Wiljan Pluim yang menjadi bintang

PSM Makasar Unggul 2-1 dari PSS Sleman, Tavares Mengaku Beruntung Pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (dua kanan) berusaha melewati pesepak bola Tira Persikabo M Guntur Triaji (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/9/2019). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Terlepas dari keberuntungan itu, Tavares menilai pasukannya bisa tampil solid dari lini depan hingga belakang bukan hanya kontribusi satu dua pemain saja.

"Bisa saja Wiljan (Pluim) mencetak golnya namun saat kita tidak memegang bola, semua bekerja dengan baik. Memang yang mencetak gol Willem, gol yang bagus, namun untuk semua kerja keras dari tim ibarat ini seperti pianis. Seorang pianis akan memberikan performa pada saat ada orang-orang di belakang dia membantunya, mengangkat pianonya, memastikan semua berjalan dengan baik, lalu pianis yang memberikan performanya," pungkasnya.

Berkat kemenangan ini PSM Makassar bercokol di peringkat 2 klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Juku Eja mengemas 3 poin di bawah Madura United  yang bercokol di posisi puncak dan Bali United di posisi 3.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya