KB PSSI 2023, PSIM Jogja Soroti Club Licensing Regulation

CLR dorong sepak bola profesional

Yogyakarta, IDN Times - PSSI telah selesai menggelar Kongres Biasa (KB) 2023 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, pada Minggu (28/5/2023). Manajemen PSIM Jogja menyoroti tentang wacana menggunakan Club Licensing Regulation (CLR). 

KB PSSI diikuti oleh kepengurusan baru PSSI dan 87 delegasi yang mempunyai hak suara, termasuk PSIM Jogja yang diwakili oleh General Manager, Haryo Sadewa, dan Club Secretary, Aprilia Sulistyowati. "Kongres hari ini berjalan dengan baik," kata April.

1. Wacana CLR jadi perhatian PSIM Jogja

KB PSSI 2023, PSIM Jogja Soroti Club Licensing RegulationLogo PSIM Yogyakarta (Twitter/PSIMJOGJA)

Kongres ini membahas beberapa poin yang telah disepakati. Seperti memaparkan untuk menjadi target yang akan dilakukan secara menyeluruh baik pusat maupun daerah, komersialisasi dalam membangun sepakbola, perubahan beberapa nama klub dan domisili.

Salah satu yang menyita perhatian April adalah tentang wacana menggunakan CLR. "Selain itu, dalam Kongres juga sempat disinggung masalah Club Licensing Regulation, yang akan mulai dicoba untuk tim Liga 2," tuturnya. 

2. CLR kunci membantu profesionalisme sepak bola

KB PSSI 2023, PSIM Jogja Soroti Club Licensing RegulationLatihan PSIM Jogja, Selasa (15/11/2022)/PSIMjogja,id

Sistem CLR telah disetujui FIFA pada tahun 2004 dan sudah disosialisasikan secara masif kepada konfederasinya. CLR sendiri didefinisikan oleh FIFA sebagai elemen kunci dalam membantu mendorong sepak bola profesional di seluruh dunia. 

Elemen-elemen itu meliputi prinsip-prinsip umum dalam dunia sepak bola seperti menjaga sportivitas, mengedepankan profesionalisme, menjaga kredibilitas dan integritas kompetisi, mempromosikan transparansi dalam keuangan, kepemilikan dan kontrol dari kesebelasan.

Baca Juga: PSIM Jogja Mulai Rekrut Pemain Musim Kompetisi Baru 

3. Gelaran pertama di bawah kepemimpinan Erick Thohir

KB PSSI 2023, PSIM Jogja Soroti Club Licensing RegulationKetua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Gelaran KB 2023 ini adalah yang pertama bagi pengurus PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Erick Thohir. Sejumlah agenda dibahas pada KB PSSI seperti penetapan program dan rencana anggaran PSSI 2023.

Selain itu juga dibahas pengesahan auditor independen, penerimaan pemberhentian serta perubahan nama dan domisili anggota PSSI. Lalu, penetapan badan yudisial, dan penyempurnaan kode disiplin PSSI.

Baca Juga: Hari Ini PSS Sleman Memulai Pemusatan Latihan di Kaliurang  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya