Tugas Dokter Tim PSS yang Baru Pantau Pemain Cedera

Dua pemain PSS bermasalah di bagian lutut

Sleman, IDN Times - Manajemen PSS Sleman resmi menunjuk Feras Ardiles Muhammad sebagai dokter tim. Setelah resmi bertugas, langsung memantau kondisi pemain yang dipersiapkan untuk putaran kedua Liga 1.

Dokter lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini juga memantau kondisi tiga penggawa Super Elja yang saat ini masih cedera, yakni Ega Rizky, Saddam Emiruddin Gaffar, dan Rizza Fadillah

“Ega Rizky pekan lalu kontrol di rumah sakit. Premier Bintaro dan saya konsultasikan ke dokter Margaret yang menangani operasinya. Untuk saat ini belum bisa ada proses pelepasan gips pasalnya dari radiologi terakhir belum tampak penyambungan tulang-tulang yang berada di pergelangan tangan (tulang scapoid),” katanya dikutip pssleman.id, Kamis (23/12/2021).

 

1. Kiper PSS perlu asupan vitamin

Tugas Dokter Tim PSS yang Baru Pantau Pemain CederaPemain PSS saat melakukan latihan pada Senin (31/8/2020) (Dok. PSS)

Menurut Feras Ardiles Muhammad penanganan yang dilakukan untuk Ega yang merupakan penjaga gawang PSS, yakni istirahat ditambah dengan asupan vitamin untuk membantu penyambungan tulang scapoid.

“Akan dilakukan MRI ulang satu bulan berikutnya dari sekarang untuk menilai apakah tulang-tulang tersebut sudah menyambung secara maksimal,” ujarnya.

2. Saddam dan Rizza masih bermasalah dengan kondisi lutut

Tugas Dokter Tim PSS yang Baru Pantau Pemain CederaPemainPSS, Saddam Gaffar. Instagram/pssleman

Selain Ega Rizky, dokter tim PSS itu juga menjelaskan kondisi terkini dari Saddam dan Rizza. Kedua pemain tersebut masih belum stabil pada lututnya, hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan MRI pada lutut keduanya.

“Langkah selanjutnya dilakukan pembedahan atau operasi repair ligamen (arthroscopy). Untuk waktu dan tempatnya masih menunggu arahan dari manajemen PT PSS,” timpal Feras.

Baca Juga: Mangkir Pemeriksaan, Dokter Gadungan PSS Sleman Masuk DPO

Baca Juga: Manajemen Resmi Tunjuk Feras Ardiles Muhammad Jadi Dokter Tim PSS  

3. Dokter tim PSS direkrut dari seleksi ketat

Tugas Dokter Tim PSS yang Baru Pantau Pemain CederaDokter PSS Sleman, Feras Ardiles Muhammad / pssleman.id

Sebelumnya, manajemen PT. Putra Sleman Sembada (PT PSS) resmi menunjuk Feras Ardiles Muhammad sebagai dokter tim Super Elang Jawa. Melalui proses ketat administrasi, pengalaman dokter Feras menangani tim medis PS Barito Putera menjadi pertimbangan kuat manajemen PSS merekrutnya untuk mendampingi Bagus Nirwanto dan kawan-kawan.

Pada putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022 diprediksi setiap kontestan mendapatkan jadwal padat yang berpengaruh pada kondisi serta kebugaran penggawa PSS Sleman. Hal ini pun sudah diantisipasi olehnya.

“Tips dan strategi untuk menghadapi jadwal pertandingan padat dengan recovery yang tepat, yakni rest dan sleep minimal 8 jam sehari lalu ditambah porsi makanan tinggi protein serta karbohidrat tinggi dan asupan air yang cukup. Kemudian melakukan proses perendaman dengan ice bath di bawah nol derajat celcius agar metabolisme tubuh maksimal dalam proses recovery tubuh,” ujarnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya